Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Animo Warga Kudus untuk Vaksin Covid-19 Meningkat

Warga disuntik vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Animo masyarakat Kudus beberapa pekan terakhir untuk mengikuti vaksinasi dirasa sudah meningkat. Hal ini dirasa bagus oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus dr Ahmad Syaifuddin.

Ia menilai masyarakat Kudus sudah taat dan mau untuk vaksin. Dalam lingkup kecil, dia berkaca dari kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di RSI Sunan Kudus.

Dalam sehari, rata-rata ada 500 warga Kudus yang ikut vaksin. Bahkan menurutnya jumlahnya bisa lebih dari 500 dalam sehari.

“Saya mikirnya dalam sehari ada 100 orang saja yang mau divaksin itu sudah bagus. Tapi saat ini sehari rata-rata bisa 500 orang. Bahkan pernah menyentuh 920 orang pada 14 Juni lalu,” katanya yang juga Direktur RSI Sunan Kudus itu, Jumat (25/6/2021).

Menurutnya hal itu di luar prediksinya. Namun, dia mengapresiasi masyarakat Kudus yang sudah mengikuti vaksinasi.

Ia mengimbau masyarakat agar menggunakan kesempatan untuk vaksin. Hal ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan herd immunity (kekebalan kelompok).

“Silahkan dimanfaatkan untuk ikut vaksin. Bisa di puskesmas dan rumah sakit. Tidak harus di RSI. Karena vaksin ini sebagai bentuk ikhtiar untuk memutus rantai Covid-19.  Setelah divaksin juga tetap taat protokol kesehatan,” imbuhnya.

Baca: 9.000 Lebih Warga Kudus Vaksin di Klinik Sukun, Ada yang Dapat Uang Transport

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Utama RS Mardirahayu Kudus dr Pujianto. Berdasarkan data yang dihimpun MURIANEWS, per Rabu (9/6/2021) hingga hari ini, Jumat (25/6/2021) Rumah Sakit Mardirahayu sudah memvaksin 5.689 masyarakat Kudus.

“Animo masyarakat sangat bagus. Tapi tetap harus taat prokes (protokol kesehatan) setelah divaksin,” katanya, Jumat (25/6/2021).

Klinik Pratama Sukun Grup (KPSG) juga menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang ditunjuk pemerintah untuk melayani vaksinasi bagi warga Kudus.

Pelaksanaannya telah berlangsung sejak awal Mei 2021 lalu. Dari rentan waktu tersebut, KPSG sudah menyuntikkan dosis vaksinasi pada masyarakat sebanyak 9.425 dosis.

“Target kami di 13 ribu dosis, sampai saat ini, kami masih membuka pelayanan vaksinasi di klinik kami,” ucap Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...