Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Melonjak Tajam, Sehari Ada 22 Pemakaman Pasien Covid di Sukoharjo

Ilustrasi pemakaman Covid-19.(MURIANEWS)

MURIANEWS, Sukoharjo – Melonjaknya kasus Covid-19 di Sukoharjo berimbas pula terhadap meningkatnya pemulasaran jenazah. Dalam sehari, Relawan Tim Pemakaman Covid-19 bahkan memakamkan 22 jenazah Covid-19.

“Sebanyak 22 pemusalaran jenazah ini tidak semuanya terkonfirmasi positif Covid-19. Tapi ada yang masih suspek, sehingga prosedur pemakamannya tetap dengan protokoo kesehatan covid-19,” kata Koordinator Relawan Tim Pemakaman Covid-19 Kabupaten Sukoharjo Tri Tutik Rahayu seperti dikutip Solopos.com.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo ini menjelaskan, pemusalaran jenazah dengan prosesdur Covid-19 ini meningkat sejak dua pekan terakhir. Apalagi kasus corona di Sukoharjo trennya terus meningkat.

Menurutnya pemusalaran jenazah dengan prosedur Covid-19 dilakukan sebagai antisipasi dan upaya pencegahan. Sebab ada beberapa kasus pasien suspek Covid-19 dan meninggal dunia. Namun hingga meninggal dunia hasil swab pasien tersebut belum keluar.

“Jadi jangan sampai saat proses pemakaman dilakukan biasa tanpa protokol kesehatan. Nanti jika hasil swab keluar, ternyata positif akan lebib membahayakan lagi,” katanya.

Dia pun mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan rajin mencuci tangan. Hal ini dilakukan guna menekan kasus corona di Sukoharjo.

Merujuk data per 24 Juni, terjadi kenaikan kasus positif sebanyak 88 kasus sehingga akumulasi positif corona di Sukoharjo menjadi 7.237 kasus dari sebelumnya 7.149 kasus.

Dimana kasus positif aktif ada 600 kasus. Terdiri dari 424 orang isolasi mandiri, satu isolasi terpusat dan 175 orang menjalani rawat inap di rumah sakit.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...