Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kapolda dan Pangdam Perkuat Penanganan Covid-19 di Jepara

Bupati Jepara Dian Kristiandi menerima kunjungan Kapolda Jawa Tengah dan Pangdam IV Diponegoro. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Jepara mendapatkan perhatian Polda Jawa Tengah dan Kodam IV/Diponegoro. Baik Polda maupun Kodam, sepakat untuk memberikan dukungan percepatan penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto melakukan peninjauan secara langsung ke Jepara, Kamis (24/6/2021). Bersama rombongan mereka diterima Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jepara, di Pendopo Kartini, Jepara.

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Kapolda dan Pangdam yang akan membantu percepatan penanganan Covid-19. Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyampaikan hal yang sama.

“Kami mengucapkan terima kasih dukungan Kapolda dan Pangdam untuk penanganan Covid-19 di Jepara,” kata Andi, Kamis (24/6/2021)

Dilaporkan Dian Kristiandi, saat ini Kabupaten Jepara berada di zona merah (resiko tinggi) penyebaran Covid-19. Hingga saat ini tercatat total warga Jepara yang terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 12.711 orang. Dari jumlah tersebut 644 meninggal dunia dan 1.958 orang masih dalam status positif Covid.

“Kami berharap kedatangan Kapolda dan Pangdam untuk memberikan suport (dukungan), juga menggugah kesadaran masyarakat. Bahwa satu-satunya cara untuk pencegahan Covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Andi.

Mayjen TNI Rudianto dalam kesempatan itu menyatakan siap memberikan pengkuatan kepada Pemkab Jepara dan Satgas Penanganan Covid-19 di Jepara. Selain untuk menurunkan angka terkonfirmasi positif Covid-19, intervensi ini diharapkan dapat menjaga situasi Jepara tetap aman dan kondusif.

“Kami berharap kondisi ekonomi yang saat ini sempat terganggu dapat terangkat kembali secara perlahan,” demikian dikatakan oleh Panglima Kodam.

Sedangkan, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, tingginya angka kasus Covid-19 pasca Lebaran Idul Fitri harus ditanggapi dengan kerja keras semua pihak untuk mengendalikannya. Semua daya dan upaya harus dikerahkan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang disertai dengan meningkatnya angka kematian ini.

Semua pihak diminta benar-benar bekerja dan menjadikan keselamatan rakyat sebagai yang paling utama. Diharapkan semua tokoh agama dan tokoh masyarakat bergerak bersama menyelamatkan umat dan warganya.

Sosialisasi 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghidari kerumunan dan mengurangi mobilitas harus dilakukan secara massif. Upaya memberikan penyadaran terhadap masyarakat harus dilakukan secara massif untuk menumbuhkan perilaku taat protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

”Kita harus mengambil langkah Ordinary Emergency dalam penanganan Covid-19 secara bersama-sama,” ujarnya.

 

Penulis: Budi erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...