Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Kekurangan Oksigen, Blora Kini Punya Stok 2,5 Ton untuk Pasien

Gubernur Ganjar Pranowo menyapa tenaga kesehatan di RSUD dr Soetijono Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Bupati Blora Arief Rohman meninjau RSUD dr Soetijono Blora, dalam penanganan Covid-19, Kamis (24/06/2021). Ganjar mengapresiasi respon cepat yang dilakukan Pemkab Blora untuk menangani lonjakan kasus Covid-19.

“Blora menurut saya bagus dan bisa menjadi contoh daerah lain. Kemarin ada problem soal oksigen, Pak Bupati langsung telepon (produsen) di Gresik menggunakan channel sendiri, alhamdulillah 2,5 ton sudah dikirim,” katanya.

Menurutnya, respon rumah sakit di Blora dalam mengantisipasi lonjakan kasus juga dinilai cepat dan tanggap.

“Sekarang mulai merah zonanya, antisipasi di rumah sakitnya cepat. Bahkan sudah disiapkan tenda, saya kira forkopimdanya semuanya bekerja sama dengan bagus,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan Bed Occupancy Ratio (BOR) di rumah sakit sebesar 80, antisipasi bisa dilakukan seperti menyediakan tenda dan memanfaatkan gedung yang ada di sekitarnya seperti dari Poltekes untuk isolasi apabila nanti terjadi lonjakan kasus.

Kemudian, untuk mengatasi kekurangan tenaga medis, gubernur mengapresiasi langkah Pemkab Blora yang sudah melakukan rekrutmen perawat.

“Ini oksigen beres, kemudian tempat tidur sudah beres, untuk rekrutmen perawat telah dilakukan, yang menjadi kendala adalah tenaga dokter. Untuk dokternya nanti kami support dari provinsi. Cara-cara ini bisa kita jadikan sebagai sarana untuk antisipasi,”  terangnya.

Sementara itu, Bupati Blora mengatakan, Langkah-langkah cepat dan antisipatif akan selalu diupayakan Pemkab Blora dalam menangani Covid-19, terlebih Blora saat ini memasuki zona merah.

“Kami juga akan berupaya secara giat untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, termasuk mengoptimalkan pelaksanaan PPKM Mikro dan Jogo Tonggo. Upaya antisipatif akan terus kami lakukan, termasuk dengan memastikan ketersediaan tempat tidur dan sarana pendukung lainnya” ungkapnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...