Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gubernur Setuju Nama Bandara Ngloram Blora Diubah Jadi Abdurrahman Wahid

Gubernur Ganjar Pranowo berbincang dengan Bupati Blora Arief Rohman. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan dukungan kepada Pemkab Blora untuk mengubah nama Bandara Ngloram menjadi Bandara Abdurrahman Wahid. Nama ini diambil dari nama Presiden RI yang dikenal dengan panggilan Gus Dur.

Persetujuan Ganjar ini disampaikan kepada Bupati Blora Arief Rohman saat kunjungan ke Blora, Kamis (24/6/2021).

“Ya, kami setuju dan pemprov siap mendukung agar Bandara Ngloram yang kini sedang diselesaikan ini diganti menjadi Bandara Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Nanti dibikin saja patung Gus Dur yang besar di depan bandara,” ucap Ganjar.

Menurut Ganjar ini langkah yang bagus. Selain untuk menghormati dan menghargai jasa Gus Dur untuk Indonesia, juga menjadi sejarah yang baik bagi Blora.

Pihaknya juga mendukung upaya percepatan penyelesaian pembangunan terminal bandara hingga jalan masuk.

“Saya tadi sudah diskusi dengan Bupati, Mas Arief. Beliau sudah beberapa kali lobi dengan maskapai penerbangan. InsyaAllah akan segera terwujud. Bandara di Cepu Blora ini masuk salah satu PR saya yang harus segera selesai setelah Bandara Purbalingga. Ada satu lagi Bandara Dewadaru Karimunjawa,” tambah Ganjar.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman menyebut alas an menggunakan nama Gus Dur sebagai nama baru Bandara Ngloram karena selain mantan Presiden, juga merupakan Bapak Pluralisme Indonesia yang dikenal dunia.

“Kita sudah komunikasi juga dengan keluarga Gus Dur. Semoga dengan kebesaran nama tokoh Gus Dur, Blora juga bisa semakin besar dan dikenal dunia. Untuk diketahui cabang Nahdlatul Ulama yang pertama di Indonesia juga adanya di Blora, dipimpin Mbah Maksum Kidangan Jepon. Almarhum Gus Dur juga sempat ke sini sebelum beliau menjadi Presiden,” ungkapnya.

Untuk pembangunan patung Gus Dur, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Satker Bandaranya.

“Mohon doanya semoga Agustus bisa selesai semua. Kita berharap nanti bisa diresmikan langsung Bapak Presiden, Pak Menteri dan Pak Gubernur,” tambah Bupati.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...