Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Kudus yang Telah Divaksin Dosis Pertama Baru 12,1 Persen, Swasta Didorong Turun Tangan

Ketua DPRD Kudus Masan (kanan) meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pura Grup. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah warga Kudus yang telah melaksanakan vaksinasi dosis tahap pertama baru sekitar 12,1 persen. Atau sebanyak 80.293 orang dari total target sebanyak 664.666 orang.

Jumlah tersebut, merupakan jumlah gabungan dari lima kategori prioritas vaksinasi di Kabupaten Kudus. Yakni Tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat umum.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus per tanggal 23 Juni 2021, untuk capaian yang paling tinggi, adalah pada kategori tenaga kesehatan yang mencapai 90,4 persen pada dosis pertama dan 89,4 persen pada dosis kedua dari targetnya sebanyak 7.421 nakes.

“Capaian terbanyak kedua, yakni pelayan publik yang telah mencapai  58,6 persen pada dosis pertama dan 31,8 persen pada dosis kedua,” ucap Kepala DKK Kudus Badai Ismoyo, Kamis (24/6/2021).

Sementara untuk kategori lansia, telah mencapai 23,1 persen pada dosis pertama, dan 12,7 persen pada dosis kedua.

Badai menambahkan, untuk masyarakat rentan masih berada di angka satu persen di dosis pertama dan 0,1 persen di dosis kedua. Untuk masyarakat umum, berada di angka 6,2 persen pada dosis pertama dan 0,1 persen di dosis kedua.

“Kami tengah berupaya mempercepat pelaksanaan vasinasi di Kudus dengan memaksimalkan semua fasilitas kesehatan kami dan dibantu sejumlah perusahaan swasta,” tandasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus Masan juga mendorong perusahaan di Kudus turut membantu percepatan vaksinasi. Seperti di PT Pura Group yang mulai melakukan penyuntikan vaksinasi sejak pekan lalu.

“Kami apresiasi untuk pelaksanaan vaksinasi  di PT Pura ini, harapanya semua perusahaan di Kudus dapat melakukan hal yang sama sehingga proses percepatan vaksin di kudus bisa tercapai sebagai salah satu bentuk ikhtiyar pencegahan terhadap wabah Covid-19 ini,” jelas Masan.

Sementara General Manager HR-GA Pura Group Agung Subani menyatakan, pihaknya sangat siap untuk mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Kudus.

Ke depan, pihaknya akan melakukan kebijakan jika semua pekerja dan calon pekerja di Pura Group harus menunjukkan sertifikat vaksin saat bekerja di perusahaan. Dengan demikian bisa mendorong masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Serta membentuk kesadaran akan pentingnya vaksin tersebut.

“Harapan kami semua pekerja Pura Group yang notabenya warga kudus dan berdomisili di Kudus beserta dengan keluarga sudah tervaksin sehingga dapat membantu program percepatan vaksin oleh pemerintah,” tandasnya.

Pura Grup sendiri pada periode pertama telah melakukan vaksinasi pada 5.000 orang. Sementara pada periode kedua di pekan ini, menargetkan pelaksanaan vaksinasi pada 9.000 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...