Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

TNI dan PR Sukun Dirikan Dapur Umum di Makodim Kudus, Penuhi Kebutuhan Masyarakat yang Isolasi

Personel Denbekang IV-44-03 Salatiga memasak di Dapur Umum Makodim Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kodam IV/Diponegoro, Kodim 0722 /Kudus bersama Perusahaan Rokok (PR) Sukun bersinergi mendirikan dapur umum di Makodim 0722/Kudus. Hasil dari dapur umum tersebut didistribusikan untuk masyarakat Kudus yang melakukan isolasi mandiri.

Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Kav Indarto mengatakan, pendirian dapur umum rencananya akan berjalan selama 14 hari ke depan.

Setiap harinya akan menyuplai seribuan lebih nasi kotak kepada masyarakat Kudus yang melakukan isolasi. Baik warga yang isolasi di Rusunawa, Balai Diklat Sonyawarih Menawan, ataupun di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan di setiap kecamatan ataupun desa.

“Mulai hari ini kami support kebutuhan makan warga yang isolasi tiga kali sehari, sekali makan kami mendistribusikan sekitar 334 nasi kotak dengan berbagai menu yang bergizi. Dapur umum tersebut juga bisa berlanjut menyesuaikan kondisi Covid-19 di Kudus nantinya,” katanya, Kamis (24/6/2021).

Penyediaan logistik dapur umum, lanjut Dandim, disupport sepenuhnya dari PR Sukun. Sementara untuk tenaga memasak ada personel Denbekang (Detasemen Perbekalan dan Angkutan) IV-44-03 Salatiga Bekangdam IV/Diponegoro yang turut diperbantukan di Kudus.

“Selain memfasilitasi tempat, personel Kodim dan Koramil jajajaran bertugas untuk mendistribusikan nasi boks hasil dari dapur umum kepada masyarakat yang melakukan isolasi. Pendistribusian mulai armada dan personel dari Kodim yang menyuport, ” jelasnya.

Dandim berharap, sinergitas untuk mencukupi kebutuhan makan warga yang tengah menjalani isolasi tersebut bisa turut membantu memenuhi kebutuhan gizi sekaligus mempercepat proses penyembuhan warga yang kini terkonfirmasi positif.

Sementra Ketua Tim Masak Denbekang IV-44-03 Salatiga Bekagdam IV/Diponegoro Peltu Bowo Indarto menjelaskan, ada 18 personel yang diterjunkan ke Kudus dalam rangka memberikan dukungan kebutuhan makan bagi warga yang terpapar Covid-19, utamanya yang melakukan isolasi mandiri.

“Saat ini kami sediakan 334 nasi kotak untuk warga yang isolasi mandiri setiap satu kali makan. Kami mendapat amanah dari Kodam IV/Diponegoro untuk mendukung kebutuhan logistik di Kudus, ”

Personel Denbekang Salatiga, lanjut Bowo, tiba di Kudus Rabu (23/6/2021) sekitar pukul 18.30 WIB. Sesampainya di Kudus personel lantas bergegas mempersiapkan kebutuhan dapur umum yang ada di Makodim Kudus untuk kebutuhan makan masyarakat di pagi hari.

“Sampai Kudus kami langsung gerak untuk memasak di dapur umum. Dan kebutuhan untuk pagi tadi sudah didistribusikan, ini kami masih memasak lagi untuk memenuhi kebutuhan siang dan malam hari,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...