Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Liga 3 Jawa Tengah Syaratkan Lisensi Minimal C AFC, PSSI Kudus Mulai Inventarisir Pelatih Lokal

Pemain Persiku berlatih di Stadion Wergu Wetan, Kudus tahun lalu.(MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Kudus, mulai menginventarisir pelatih lokal Kudus. Hal ini dilakukan sebagai bagian persiapan untuk menyusun tim Persiku Kudus di Liga 3 PSSI Jawa Tengah.

Langkah ini disampaikan oleh Ketua PSSI Kudus, Daniel Budi Sampurna. Sebagai bagian dari persiapan Persiku Kudus yang akan berlaga di Liga 3 Jawa Tengah, pihaknya harus mulai menginventarisir pelatih lokal yang ada.

Para pelatih lokal Kudus yang memiliki Lisensi minimal C AFC akan didata. Sebab dalam hal ini, untuk pelatih Liga 3 Jawa Tengah, syarat minimal lisensinya harus C AFC.

“Saat ini kami sedang mengiventarisir pelatih putra daerah Kudus yang lisensinya minimal C AFC. Syukur-syukur ada yang lisensinya lebih baik lagi,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Lebih lanjut, Daniel tidak menampik jika sudah ‘memantau’ Cucun Sulistyo. Namun, hal itu masih sebatas menimbang-nimbang lebih dulu. Sedangkan untuk pembicaran lebih jauh dirinya belum melakukannya.

“Hiya benar, sudah menimbang-nimbang Cucun. Kalau saya melihatnya karena putra daerah, prestasinya saat membela Persiku, dan memiliki lisensi yang memenuhi syarat. Tapi ya sebatas itu, belum ada lainnya,” jelasnya.

Saat ini PSSI Kudus masih terus menggodok perihal siapa yang akan ditunjuk menjadi pelatih Persiku. Nama-nama yang ada akan dipertimbangkan sebelum diputuskan.

“Harapan kami dengan adanya Persiku nanti bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kudus. Sehingga bisa berprestasi,” harapnya.

Sementara itu, Cucun Sulistyo menyatakan pihaknya mengaku akan menunggu saja perkembangan yang terjadi. Dirinya juga tidak mau berspekulasi lebih jauh. Karena memang belum ada pihak PSSI Kudus yang menghubungi dirinya.

Sebagai orang Kudus, Cucun menyatakan akan ‘mengalir saja’, terkait pelatih Persiku Kudus ini. Jika memang diminta, dirinya menyatakan siap melaksanakan tugas. Namun jika tidak, juga tidak apa-apa.

“Terlalu dini kalau menjawab soal menjadi pelatih Persiku. Soalnya belum ada pembicaraan apa-apa sampai hari ini,” katanya saat dihubungi, Rabu (23/6/2021).

Cucun juga menyatakan sudah mengetahui jika regulasi di Liga 3 dan Piala Soeratin mesyaratkan lisensi minimal C AFC. Sepengetahuan dirinya, di Kudus saat ini ada empat orang yang memenuhi syarat itu.

Rinciannya ada dua pelatih berlisensi C AFC, sedangak dua lainnya malah sudah berlisensi B AFC, atau diatas yang disyaratkan. Dua pelatih yang berlisensi B AFC di Kudus sendiri adalah Uphy Hi. Azis dan dirinya.

Sedangkan dua pelatih yang memiliki lisensi C AFC masing-masing Widhoro Heriyanto dan Welly Elmando. Sehingga dalam hal ini ada 4 pelatih yang memenuhi syarat untuk posisi yang dibutuhkan Persiku tersebut.

Diketahui, Widhoro Heriyanto sudah lama bersama Persiku sejak 2008 silam. Terakhir, Widhoro menjadi asisten Subangkit dan sempat menjadi asisten Hartono Ruslan sebelum sepak bola dihentikan karena pandemi Covid-19.

“Untuk regulasi Liga 3 dan Piala Soeratin memang minimal harus C AFC. Baik sebagai pelatih kepala maupun asisten pelatih,” ujarnya lagi.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...