Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

580 Nakes di Jepara Terpapar Covid, 196 Sudah Sembuh, Dua Meninggal

Tenaga kesehatan di Jepara tengah mengambil sampel swab. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jepara semakin banyak. Kondisi ini mengakibatkan pelayanan di sejumlah fasilitas kesehatan menjadi lemah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun mengatakan, hingga saat ini nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 580-an orang.

Mereka terpaksa menghentikan tugas sementara untuk menjalani isolasi mandiri. Selain di rumah masing-masing, mereka ada juga yang memerlukan perawatan inap di rumah sakit.

“Dari total 580 data nakes yang terkonfirmasi, 196 nakes sudah dinyatakan sembuh dan dua telah meninggal dunia,” ungkap Mudrikatun, Rabu (23/6/2021).

Pihaknya menyatakan, banyaknya nakes yang terpapar mengakibatkan kurangnya tenaga kesehatan di Kabupaten Jepara. Sehingga, untuk mengatasinya DKK terus melakukan rekrutmen relawan nakes untuk kebutuhan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

“Namun selama rekrutmen kami juga kesulitan dalam mencari orang yang mau mendaftar untuk jadi relawan,” kata dia.

Sampai kini, jumlah relawan nakes di Jepara baru 32 orang. Jumlah itu sangat jomplang dengan nakes yang masih isolasi mandiri.

Relawan-relawan nakes itu telah ditempatkan di RSUD RA Kartini, pusat karantina Balai Latihan Kerja (BLK) Pecangaan, serta di Asra Undip Telukawur.

“Kita (Pemkab Jepara, red) masih kekurangan relawan sebanyak 70-an tenaga kesehatan,” ujar dia.

Saat ini Kota Ukir masuk urutan pertama kasus Covid-19 di Jawa Tengah dengan 12,177 kasus. Total itu berdasarkan kasus aktif 2.416 kasus, sembuh 9.138 kasus, dan meninggal dunia sebanyak 623 kasus.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...