Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RSUD Tugurejo Semarang Sampai Dirikan Tenda Darurat untuk Tangani Pasien Covid-19

Gubernur Ganjar Pranowo mengecek tenda darurat di RSUD Tugurejo Semarang. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah tengah menangani lonjakan pasien Covid-19. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo, Semarang bahkan, terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengunjungi dan mengecek kondisi tenda darurat pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut, Rabu (26/6/2021).

“RSUD Tugurejo ini melayani (pasien Covid-19) banyak, dan hari ini sudah harus didirikan tenda darurat, ” kata Ganjar.

Tenda darurat yang didirikan itu, diisi dengan pasien yang rata-rata memiliki gejala dan penyakit penyerta. Sehingga, tenda tersebut didirikan di depan gedung IGD untuk mempermudah penanganan apabila pasien tengah dalam kondisi memburuk.

Ganjar pun masih menemukan adanya pasien yang ditunggui keluarganya. Ganjar menyarankan agar dibuatkan tempat khusus bagi warga yang terpaksa harus menunggu pasien dengan gejala berat. Begitu juga dengan manajemen penanganan yang harus selalu ditingkatkan.

“Manajemennya ini saja yang ditingkatkan. Kemarin sudah sepakat tidak ditunggu, itu masih ada yang ditungguin, kalau ditunggu terus bagaimana itu dengan penunggunya. Kalau memang ada pasien yang berat, penunggunya bisa disiapkan tempat tapi on call,” jelasnya.

Kondisi di rumah sakit itu, lanjut Ganjar, merupakan gambaran bagaimana kondisi Covid-19 saat ini, khususnya di wilayah Jawa Tengah. Untuk itu, Ganjar berharap masyarakat bisa selalu mendukung dengan mendisiplinkan protokol kesehatan.

“Ini kondisinya (Covid-19 yang mengalami lonjakan). Pemerintah akan terus berikhtiar agar fasilitas itu bisa diberikan terus-menerus. Bantuan Anda (menjaga protokol kesehatan) sangat dibutuhkan, jadi kami harapkan masyarakat bisa mendukung,” ungkapnya.

Direktur RSUD Tugurejo Semarang, Haryadi Ibnu Junaedi menjelaskan, membeludaknya pasien Covid-19 di RSUD Tugurejo ini karena memang banyak pasien yang minta dirawat. Oleh karena itu tenda darurat ini didirikan untuk pasien.

Apabila ruangan di rumah sakit sudah ada yang kosong pasien di tenda akan dipindahkan. “Nanti juga akan kami siapkan kalau memang dibutuhkan tenda terpisah untuk penunggu,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...