Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kotak Amal Masjid Al-Muwahiddin Lengkong Pati Dibobol Maling, Pelaku Terekam CCTV

Tangkapan layar pelaku mengambil kotak amal masjid Al-Muwahhidin Lengkong, Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di Pati Bumi Mina Tani. Kali ini, maling beraksi di Masjid Al-Muwahhidin Desa Lengkong, Kecamatan Batangan, Pati. Aksi pencuri itu pun terekam CCTV yang ada di masjid tersebut.

Dalam rekaman CCTV, pada Selasa (22/6/2021) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, nampak seorang dengan memakai topi dan masker berjalan menuju kotak amal masjid yang berada di teras masjid. Bajunya lengan panjang bermotif kotak-kotak dengan mengenakan celana jeans.

Setelah sampai di depan kotak amal, pelaku nampak hendak mencongkel gembok di kotak amal tersebut. Namun, tidak membuahkan hasil. Sehingga dia langsung pergi.

Tak berapa lama kemudian, dia kembali lagi dengan membawa peralatan untuk mencongkel kotak amal tersebut.

Lantaran, posisi kotak amal memang diikat di tiang masjid menggunakan rantai besi. Dengan sekuat tenaga, pelaku berusaha memutus rantai pengikat.

Tak lama kemudian, kotak amal pun berhasil diambil dari pengikat tersebut. Setelah berhasil, kotak amal itu kemudian dipanggul di pundak dan dibawa pergi.

Takmir Masjid Al-Muwahhidin Puji Handoyo mengatakan, setelah berhasil melepaskan dari rantai pengikat, pelaku membawa kotak amal ke sebelah utara masjid. Kemudian pelaku merusak kunci kotak amal dan mengambil uang yang ada di dalamnya.

“Kunci kotak amal dirusak, uangnya diambil, kalau kotaknya ditinggal di sebelah utara masjid,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Setelah berhasil mengambil uang, pelaku kemudian keluar dari lingkungan masjid. Dimungkinkan, yang terlibat dalam aksi tersebut ada dua orang. Sebab, setelah pelaku berhasil mendapatkan uang dari kotak amal, ternyata di luar ada mobil Avanza putih yang menunggu aksi pelaku.

Dia menambahkan, kejadian pencurian kotak amal tersebut tidak hanya kali pertama di Masjid Al-Muwahhidin. Bahkan dirinya mengaku aksi itu sudah berlangsung tiga kali ini. Pada aksi pertama, maling tidak diketahui. Begitu juga dengan aksi yang kedua.

“Setelah adanya aksi pencurian yang kedua itu, kami kemudian memasang CCTV di sini untuk melakukan pemantauan. Ternyata ada lagi yang mencuri kotak amal. Rekaman CCTV juga masih ada,” katanya.

Menurutnya, kotak amal tersebut sudah dua setelah bulan tidak dibuka. Sehingga ada sekitar Rp 5 juta uang dari para dermawan yang berada di dalam kotak amal tersebut.

“Kejadian ini sudah kami laporkan ke Polsek Batangan. Saat ini informasinya masih proses penyelidikan,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...