Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polisi Kudus Disebar untuk Berantas Premanisme, Residivis Dipantau

AKP Agustinus David, Kasat Reskrim Polres Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mengeluarkan instruksi meminta seluruh jajaran polda ataupun polres untuk menggelar operasi dan melakukan penindakan terhadap aksi premanisme yang meresahkan masyarakat.

Polres Kudus pun telah menyebar personelnya untuk melakukan operasi mobile di titik-titik rawan tindakan premanisme yang ada di Kota Kretek.

Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Agustinus David mengatakan,  anggotany diterjunkan untuk melakukan razia atau operasi mobile mengantisipasi munculnya praktik premanisme dan pungutan liar di wilayah hukum Polres Kudus. Razia tersebut dilakukan di sejumlah titik yang rawan aksi premanisme.

“Anggota sudah menyisir ke tempat-tempat rawan premanisme. Razia itu juga antsipiasi adanya tindak kriminalitas curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan), dan curanmor di Kudus,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Selain itu, pihaknya juga menginventaris kembali residivis-residivis yang ada di Kudus, untuk memastikan, residivis tidak kembali berulah.

“Yang residivis kami lidik kembali, sampai sekarang belum ada yang berulah. Tapi kemarin sebagai salah satu tindak lanjut perintah Kapolri kami juga sudah berhasil meringkus dua pelaku (anak jalanan) yang sudah melakukan pembunuhan,” jelasnya.

Seluruh personel, lanjut David, sudah dikerahkan baik dari personel Reskrim, Sat Sabhara, ataupun Binmas. Mereka bertugas sesuai peran masing-masing.

“Jadi semua bergerak, dari Binmas melakukan imbauan, dari Sat Sabhara melakukan patroli berseragram, dan dari Reskrim melakukan razia patroli dengan pakaian preman dan menindak. Semuanya ikut berperan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak perlu khawatir. Dan apabila masyarakat mengalami kejadian atau mengetahui kejadian premanisme atau kriminalitas bisa segera melapor ke kepolisian terdekat.

“Masyarakat agar segera melaporkan apabila mengalami atau mengetahui hal-hal tersebut. Kami akan siap menindak,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...