Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Omzet Pedagang Pasar Kliwon Kudus Turun, Tagihan Sewa Kios dan Los Dilonggarkan Tiga Bulan

Warga melintasi kios busana muslim yang terdapat di Pasar Kliwon Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Omzet pedagang  Pasar Kliwon Kudus mengalami penurunan akibat sepinya pembeli selama pandemi. Pihak Dinas Perdagangan Kudus pun mengambil kebijakan kelonggaran tiga bulan bagi pedagang.

Kelonggaran itu terkait dispensasi bagi pedagang Pasar Kliwon Kudus yang menunggak sewa kios dan sewa los. Diketahui, tunggakan sewa kios dan sewa los Pasar Kliwon Kudus saat ini mencapai Rp 7 miliar sejak 2016 silam.

Bahkan akumulasi hingga akhir 2020 lalu tunggakan sewa kios dan sewa los Pasar Kliwon saat ini mencapai Rp 10 miliar.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus, Albertus Harys Yunanto mengatakan banyak pedagang yang mengeluh akibat dagangannya yang sepi.

“Sementara kami beri kelonggaran dulu selama tiga bulan. Karena memang saat ini kondisi pedagang yang jualan sedang sepi,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Harys tidak menampik kelonggaran akan membuat tagihan sewa kios dan sewa los di Pasar Kliwon semakin banyak. Namun, dia juga tidak dapat memaksakan karena kondisi pasar yang memang sepi.

“Memang akan menjadikan tunggakan tambah banyak. Tetapi tetap nantinya akan kami tagih terus karena itu kan kewajiban pedagang untuk membayar,” ungkapnya.

Sementara itu Koordinator Pasar Kliwon Kudus Sugito mengatakan, omzet pedagang di Pasar Kliwon Kudus turun drastis hingga 50 persen. Persentase itu dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi Covid-19.

“Awalnya tunggakan sewa kios dan sewa los di Pasar Kliwon sebesar Rp 7 miliar. Tapi setelah diakumulasi hingga akhir 2020 lalu totalnya mencapai Rp 10 miliar,” jelasnya.

Kendati ada kelonggaran, Sugito melalui petugas pemungutan Pasar Kliwon tetap bersosialisasi kepada pedagang pasar agar membayar tunggakan sewa kios maupun tunggakan sewa los.

“Kami selalu imbau ke pedagang untuk membayar kewajibannya terkait tunggakan sewa kios maupun tunggakan sewa los,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...