Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Semua Pasien dari Kudus Sudah Dipulangkan dari Donohudan

Personel Brimob mensterilisasi warga yang sudah dinyatakan sembuh sebelum dipulangkan ke rumah masing. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Seluruh pasien Covid-19 asal Kudus yang melakukan isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali sudah dipulangkan ke Kota Kretek. Kloter terakhir dipulangkan Selasa (22/6/2021) malam, sebanyak 86 pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

Dari pantauan MURIANEWS, puluhan pasien sembuh dikumpulkan di Terminal Bakalan Krapyak (Depan Rusunawa) untuk dilakukan pendataan ulang. Sebelum pulang, personel Brimob juga menyemprotkan uap sterilisasi ke tubuh masing-masing pasien sembuh agar tetap steril sesampainya di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo mengatakan, saat ini sudah tidak ada warga Kudus yang menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Dari 86 warga Kudus yang terakhir dipulangkan, 60 orang di antaranya sudah menunjukkan hasil negatif dari hasil swab tes.

Selain itu, ada juga 26 orang yang masa isolasinya sudah selesai dan tanpa mengeluhkan gejala apapun.

Rincianya, dari Kecamatan Kota 12 orang, Jati 13 orang, Undaan tujuh orang, Jekulo lima orang, Bae 11 orang, Dawe delapan orang, Mejobo sepuluh orang, Gebog tiga orang, dan Kecamatan Kaliwungu 17 orang.

“Yang 26 itu memang karena sudah selesai masa isolasinya, dan sembuh diperbolehkan pulang. Saat ini, sudah tidak ada lagi warga Kudus yang berada di Donohudan,” katanya Selasa (22/6/2021) malam.

Menurutnya selain tiga kloter yang dilakukan penjemputan oleh Pemkab Kudus, juga ada beberapa pasien yang sudah sembuh dijemput oleh keluarganya masing-masing.

“Memang ada yang dijemput keluarganya sendiri, seperti yang dari Desa Japan itu karena statusnya sudah negatif kalau ada yang berinisiatif menjemput sendiri juga boleh. Ada juga yang mau melahirkan tapi juga sudah negatif dan dijemput sendiri, ” ungkapnya.

Sementara salah seorang warga yang sudah dipulangkan Tini (47) mengaku bersyukur sudah dinyatakan negatif dari hasil swab test. Selama 15 hari menjalani isolasi di Donohudan, menurutnya pelayanannya sangat bagus, mulai dari makanan ataupun obat-obatan.

“Syukur alhamdulillah masih diberi kesehatan, awalnya bergejala sedikit, tapi (Donohudan) semakin membaik, dan sekarang sudah sehat, sudah negatif. Pelayanannya bagus, obat-obatan setiap minta langsung dikasih, makanannya juga terjamin,” pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Kudus sendiri sebelumnya mengirimkan 529 pasien positif Covid-19 status orang tanpa gejala (OTG) untuk menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Dan lima orang di antaranya meninggal dunia.

Kemudian ada 16 pasien yang dirujuk di rumah sakit. Pemkab sendiri sudah memulangkan 98 orang yang pada kloter pertama, dan 309 orang pada kloter kedua.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Alu Muntoha

Comments
Loading...