Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perusahaan di Kudus Didorong Sediakan Shelter untuk Isolasi Pekerja Terpapar Covid-19

Pemkab Kudus menggelar rapat bersama Apindo Kudus di lt 4 Setda Kudus, Selasa (22/6/2021). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Perusahaan di Kabupaten Kudus didorong untuk menyediakan shelter atau tempat isolasi sementara bagi para pekerja yang terindikasi terpapar Covid-19 di perusahaannya. Sehingga diharapkan bisa menekan risiko penularan di area perusahaan.

Ketika nanti perusahaan kurang bisa mencakup tenaga kesehatannya, maka bisa segera diarahkan ke tempat isolasi terpusat milik pemerintah daerah. Guna segera mendapat penanganan.

“Itu jika pekerja merupakan warga asli Kabupaten Kudus, sementara jika itu dari luar daerah, bisa berkoordinasi dengan daerah asalnya untuk pendataan dan penanganannya,” kata Sekretariat Daerah (Sekda) Kudus Sam’ani Intakoris usai memimpin rapat bersama Apindo Kudus, Selasa (22/6/2021).

Perusahaan, lanjut Sam’ani, juga didorong untuk melakukan kegiatan tracing, testing, dan treatment apabila pekerjanya terkonfirmasi positif Covid-19. Para pekerja yang positif, kemudian bisa ditempatkan di shelter milik perusahaan.

“Inilah gunanya shelter, untuk memisah pegawai yang positif dan negatif Covid-19 supaya rantai penularannya bisa disetop secara maksimal,” sambung dia.

Sam’ani menambahkan, penyediaan shelter di perusahaan-perusahan juga bisa turut membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan lokasi isolasi terpusat cadangan. Sehingga ketika lokasi isolasi terpusat milik pemkab penuh, bisa menggunakan shelter milik perusahaan.

Walau demikian, pihaknya sadar betul tidak semua perusahaan di Kudus bisa menyediakan shelter isolasi bagi pekerjanya. Ketika itu terjadi, perusahaan bisa berkolaborasi dengan desa sekitar untuk penyiapan sarana prasarana isolasinya.

“Sehingga ketika ada pekerjanya yang positif, bisa dititipkan di sana, untuk kemudian ditindak lanjuti bersama Pemkab,” jelas Sam’ani.

Sementara Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Kudus Bambang Sumadiyono menyampaikan, Apindo sangat mendukung upaya pemerintah terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Namun memang, untuk penyiapan shelter isolasi pegawai, tidak semua perusahaan di bawah naungan Apindo Kudus yang bisa menyiapkannya secara mandiri.

“Perusahaan-perusahaan yang besar tentu bisa, namun perusahaan yang masih berjuang untuk stabilitas neracanya tentu agak sedikit kesulitan,” kata Bambang.

Walau demikian, Apindo sendiri kini telah bekerja sama dengan Universitas Muhammadiah Kudus terkait penyiapan shelter isolasi bagi pegawai maupun keluarga pegawai perusahaan di bawah naungan Apindo. “Kami akan menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak lagi untuk ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...