Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Kudus Hari Ini Kembali Jemput Puluhan Pasien Sembuh dari Donohudan Boyolali

Warga tiba di Kudus usai jalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali melakukan penjemputan pasien Covid-19 yang sudah sembuh dari tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa (22/6/2021).

Penjemputan kali ini merupakan tahap yang ketiga. Pasien sembuh akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo mengatakan, pasien yang sudah dinyatakan sembuh hari ini mulai dilakukan penjemputan dengan tiga armada bus. Pihaknya sudah mendapatkan informasi dari pengelola Asrama Haji untuk melakukan penjemputan kepada pasien sembuh.

“Kami lakukan penjemputan lagi hari ini, kemungkinan sampainya nanti malam. Ada tiga bus yang kami berangkatkan,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Ia menjelaskan, pasien yang akan dipulangkan, mereka yang sudah di-swab berstatus negatif dan juga pasien yang sudah selesai masa isolasinya. Namun, dengan catatan pasien tersebut tidak mengeluhkan gejala-gejala dan sudah dinyatakan sembuh.

“Rencananya 88 pasien sembuh yang dipulangkan. Yang 28 selesai isolasi yang selebihnya itu yang sudah hasil swabnya negatif,” jelasnya.

Sementara hingga Senin, (21/6/2021) kemarin, ada 16 pasien Covid-19 asal Kudus yang berada di Asrama Donohudan yang dirujuk ke sejumlah rumah sakit. Kemudian yang meninggal berjumlah lima pasien.

“Mereka yang meninggal juga dirujuk di rumah sakit karena keadaanya yang memburuk, per kemarin yang meninggal itu lima orang, ” ucapnya.

Diketahui, Pemkab Kudus sendiri sudah dua kali melakukan pemulangan kepada pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Asrama Haji Donuhudan, Boyolali.

Tahap pertama ada 98 pasien dipulangkan, salah satunya ibu hamil yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus.

Tahap kedua, ada 309 pasien yang dipulangkan dan dua di antaranya masih berstatus positif dipindahkan ke tempat isolasi terpusat yang ada di Rusunawa.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...