Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

SKTM Tak Berlaku, Anak Nakes Diberi Kuota Lima Persen dalam PPDB SMA/SMK di Jateng

Ilustrasi. (Dok/MURIANEWS)

MURIANEWS, Pati – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setingkat SMA/SMK mulai dibuka pada Senin (21/6/2021) kemarin. Sejumlah kebijakan baru di masa pandemi Covid-19 pun muncul. Salah satunya adalah kuota lima persen untuk anak tenaga kesehatan (nakes) yang akan mendaftarkan diri.

Kepala Cabang Dinas Wilayah III Jawa Tengah, Sunoto mengatakan, dalam PPDB kali ini setidaknya ada lima jalur yang diterapkan. Yakni jalur anak nakes, jalur afirmasi keluarga tidak mampu, jalur prestasi, perpindahan orang tua, dan zonasi.

“Untuk anak nakes memang diberikan kuota lima persen. Sedang keluarga tidak mampu 15 persen, prestasi 20 persen, perpindahan orang tua 5 persen, dan sisanya, 55 persen untuk jalur zonasi,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Dia menambahkan, untuk kuota nakes tersebut memang kebijakan baru yang diambil oleh pemerintah. Hal itu sebagai bentuk perhatian pemerintah lantaran nakes saat ini adalah garda terdepan untuk penanganan kasus Covid-19.

Dia juga menambahkan, ada beberapa perubahan lain seperti penggunaan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Pada tahun sebelumnya SKTM masih diberlakukan, namun untuk tahun ini SKTM sudah tidak bisa digunakan lagi.

“Tidak boleh lagi digunakan (SKTM) semuanya mengacu pada kartu keluarga. Itupun harus domisili minimal satu tahun,” terangnya.

Selain itu maka penggunaan zonasi atau diistilahkan dengan domisili terdekat. Kali ini domisili terdekat pun diukur dari rumah masing-masing calon peserta didik (CPD) dengan sekolah yang dituju bukan lagi dari balai desa.

“Untuk zonasi pada sekolah menengah atas (SMA) alokasinya tahun ini mencapai 55 persen sedangkan untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) tahun ini juga ada. Namun hanya 10 persen,” tambahnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...