Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19, RSUD Purwodadi Tambah Kapasitas Ruang Isolasi

Manajemen RSUD Purwodadi memberi keterangan terkait penanganan Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan  – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Raden Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan menambah ruang isolasi untuk merawat pasien Covid-19. Apalagi, saat ini kasus Covid-19 di Grobogan masih cukup tinggi.

Direktur RSUD dr Raden Soedjati Soemodiardjo Purwodadi, dr Edi Mulyanto mengatakan, penambahan ruang isolasi sudah dilakukan mulai sebelum Lebaran. Penambahan ruang tersebut, ditunjukkan sebagai upaya agar penanganan pasien Covid-19 tetap optimal.

Awalnya, ruang isolasi di rumah sakit tersebut hanya berjumlah 37 ruangan. Hingga akhirnya jumlah tersebut mengalami penambahan secara bertahap.

“Karena kasus terus meningkat, kami tambah terus (ruang isolasi). Saat ini 124 ruang isolasi sudah penuh. Kemudian kami tambah 15 ruang dan tambah lagi 21 ruangan dan sampai saat ini ada 160 ruang isolasi,” katanya, Senin (21/6/2021).

Namun, lanjut Edi, jika nantinya kasus sudah menurun dan kondisi mulai membaik lagi, maka pihaknya akan kembali melakukan rasionalisasi terhadap ruangan isolasi tersebut.

Saat ini, RSUD Purwodadi juga tengah dihadapkan dengan sejumlah tenaga medis yang tengah terpapar Covid-19, ada sebanyak 71 tenaga medis yang terpapar. Apalagi, tidak semua tenaga medis yang ada menangani kasus Covid-19.

Namun, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengefektifkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

“Kami atur tenaga medis agar tidak kelelahan. Asupan gizi, dan vitamin juga kami suplai agar imunitas tetap terjaga. Tidak semuanya nakes menangani Covid-19, seperti yang sudah mendekati masa pensiun, memiliki penyakit penyerta atau kategori dengan tidak kami tugaskan disana (isolasi Covid-19), ” jelasnya

Sementara secara keseluruhan, hingga Minggu (20/6/2021) kasus Covid-19 di Kabupaten Grobogan sudah menyentuh angka 4.597 kasus. Di mana 294 pasien di antaranya tengah dirawat, 228 menjalani isolasi mandiri, 3.692 pasien telah dinyatakan sembuh dan 383 pasien meninggal dunia.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...