Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UMKM di Kudus Bakal Dilatih Bersaing Jualan Online

Pedagang cilik, Ismail menjajakan bolang-baling dan cakwe di pinggir jalan. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM bakal melakukan pelatihan UMKM secara online atau di marketplace dengan menggandeng e-commerce seperti Blibli dan Bukalapak. Langkah itu untuk memfasilitasi pelaku UMKM agar dapat berjualan selama masa pandemi Covid-19.

Pandemi yang belum berakhir tidak dipungkiri oleh Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati memukul telak pelaku UMKM. Sehingga banyak pelaku UMKM yang penjualannya mengalami penurunan.

Selain itu menurut Rini banyak juga pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan produk lantaran imbauan di rumah saja dan dilarang berkerumun. Oleh sebab itu, pihaknya berencana untuk melakukan pelatihan pemasaran dengan cara marketplace atau pemasaran online.

“Kami akan adakan kegiatan pelatihan marketplace. Rencana mulai 1 Juli di BLK Kudus. Sehingga pemasarannya bisa via online saja,” katanya, Senin (21/6/2021).

UMKM akan dilatih banyak hal, sehingga bisa bersaing di era penjualan online. Mulai dari pengemasan hingga pemasaran.

“Rencana kami akan menggandeng Blibli dan Bukalapak. Ini berlaku untuk segala jenis UMKM yang ada di Kudus,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan memperbaiki data jumlah UMKM yang ada di Kudus. Menurutnya saat ini di Kudus ada 15 ribu UMKM.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...