Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Realisasi DAK Fisik di Jawa Tengah Baru 3,53 Persen

Pekerja tengah mengerjakan proyek Kudus City Walk Sunan Kudus beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Realisasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di Provinsi Jawa Tengah hingga 19 Juni 2021 baru mencapai 3,53 persen atau sebesar Rp 150,3 miliar. Sementara targetnya sebesar Rp 4,3 triliun yang dialokasikan pada tahun ini.

“Penyaluran DAK dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD) memang baru sebesar Rp 150,3 miliar,” ucap Kepala Kantor Wilayah Direktorat  Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Midden Sihombing dalam zoom meeting, Senin (21/6/2021).

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah daerah segera mempercepat pengadaan barang maupun jasa. Pengajuan dokumen persyaratan untuk penyaluran DAK fisik tahap satu juga diharapkan bisa dilakukan sebelum 21 Juli 2021 mendatang.

“Bila melebihi itu, dananya tidak bisa disalurkan. Sayang jika tidak terserap seratus persen. Sementara apabila sudah ada perjanjian kontrak, maka mau tidak mau harus dibiayai sendiri dari APBD,” jelas dia.

Pemerintah daerah, lanjut dia, juga dipersilahkan untuk menggunakan sistem lelang barang dan jasa secara biasa, apabila dalam e-katalog tidak ditemukan barang dan jasa yang berkaitan, atau malah tidak terbit.

Midden mengatakan, alokasi DAK fisik tertinggi berada di Pemprov Jawa Tengah. Yakni sebesar Rp 463 miliar, namun realisasinya masih nol persen.

Sementara untuk realisasi penyaluran DAK fisik tertinggi, berada di Pemkab Boyolali yakni sebesar 16,2 persen. Kemudian disusul Pemkot Salatiga sebesar 13,9 persen, dan Pemkab Purworejo sebesar 10,1 persen.

Sementara untuk Kabupaten Kudus, realisasi DAK fisiknya berada di angka 8,1 persen dari total targetnya yakni sebesar  Rp 58,4 miliar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...