Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Ini PPDB SMP di Kudus Mulai Digelar Secara Daring

Pelayanan keluhan PPDB melalui daring di SMP 1 Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Kudus sudah dimulai digelar secara daring Senin (21/6/2021) hari. Sejumlah sekolahan di Kudus pun telah mulai melakukan verifikasi berkas calon peserta didik baru di masing-masing sekolahan.

Salah satunya di SMP 1 Kudus, sejumlah guru dan tenaga pendidik memantau PPDB yang dilakukan melalui website itu. Ada yang bertugas sebagai operator, verifikator, hingga operator yang melayani sejumlah keluhan PPDB melalui daring.

Verifikator sekaligus Humas SMP 1 Kudus Hasan Sunarto mengatakan, sudah cukup banyak calon peserta didik yang sudah mulai melakukan pendaftaran PPDB. SMP 1 Kudus sendiri, tahun ini menerima 224 calon peserta didik baru.

“Ketentuannya zonasi 50 persen, prestasi 30 persen, afirmasi 15 persen, dan perpindahan tugas sebanyak 5 persen. Pendaftaran PPDB sendiri dibuka hingga Sabtu (26/6/2021) pukul 12.00 WIB, ” katanya, Senin (21/6/2021) .

Untuk melayani sejumlah keluhan saat proses pendaftaran, pihaknya juga membuka pelayanan keluhan. Namun, dengan memaksimalkan pelayan yang juga melalui daring via WhatsApp, untuk meminimalisir adanya orang tua atau calon peserta didik yang datang ke sekolahan.

“Kami maksimalkan melalui WA soal keluhan, ada humas yang mem-backup keluhan itu. Jadi misal kesulitan melakukan pendaftaran atau ada masalah bisa menghubungi via WA 082137749247,” ungkapnya.

Humas SMP 1 Kudus Lina Setyana Puspitasary menambahkan, berbagai keluhan tentang PPDB bisa langsung disampaikan melalui WA kepada nomor yang sudah disosialisasikan. Kemudian, pihaknya akan memberikan solusi atau respon cepat terhadap keluhan tersebut.

Ada beberapa keluhan yang diadukan saat PPDB tahun ini, yakni kesalahan input sekolah yang ditujukan, hingga, belum paham caranya registrasi.

“Jadi jika ada kesalahan orang tua atau calon peserta didik tidak perlu datang. Bisa langsung disampaikan via WA, mungkin bisa beserta foto berkas yang dikeluhkan. Nanti akan kami bantu, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...