Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jadi Pusat Isolasi, Camat Gebog: Enam Warga Sudah Isolasi di Balai Diklat Menawan

Warga yang terinfeksi Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri di Balai Diklat Sonyawarih. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

 

MURIANEWS, Kudus – Balai Diklat Sonyawarih Kudus saat ini mulai disiapkan menjadi pusat isolasi warga Kudus yang terinfeksi Covid-19. Rencananya, Balai Diklat yang berada di Desa Menawan itu akan menjadi pilihan alternatif selain Rusunawa dan Graha Muria.

Camat Gebog, Bambang Gunadi mengatakan, Balai Diklat Sonyawarih sebenarnya sudah lama dijadikan tempat isolasi. Sejak Kamis (17/6/2021) lalu bahkan sudah ada enam warga Desa Menawan yang melakukan isolasi di tempat tersebut.

“Sudah ada warga yang isolasi di Balai Diklat Sonyawarih sejak 17 Juni lalu. Jumlahnya ada enam orang dan keseluruhannya dari Desa Menawan,” katanya, Minggu (20/6/2021).

Bambang menyebutkan, Balai Diklat Sonyawarih saat ini memiliki kapasitas rawat inap untuk 76 orang dengan total ruangan sebanyak 46 ruangan. Masing-masing ruangan dapat diisi dua orang.

“Ada 20 ruangan di lantai satu dan 26 ruangan di lantai dua. Masing-masing ruangan bisa diisi dua orang. Yang atas itu satu ruangan bisa diisi delapan orang asalkan satu keluarga,” sambungnya.

Soal fasilitas, Bambang mengatakan tersedia sudah televisi dan dispenser. Untuk dispenser difasilitasi oleh pihak desa.

“Saat ini ada TV dan dispenser. Untuk dispenser yang memfasilitasi pihak desa. Jadi misalkan nanti ada warga masuk dari desa A, nanti pihak Pemdes desa A itu membawakan dispenser supaya bisa untuk buat teh atau kopi bagi warga yang isolasi mandiri,” jelas Bambang.

Sedangkan, lanjutnya, untuk makan sehari-hari bagi warga yang isolasi mandiri juga ditanggung desa.

“Untuk makan dan minum biayanya dari pihak desa, gotong royong. Jadi sejauh ini alhamdulillah tidak ada masalah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengapresiasi fasilitas yang ada di Balai Diklat Sonyawarih. Dia juga mengimbau agar masyarakat juga tetap taat prokes.

“Fasilitas di sini sudah bagus. Dan saat mengimbau agar masyarakat taat prokes juga,” katanya, Minggu (20/6/2021).

Senada, Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto juga mengapresiasi fasilitas yang ada di Balai Diklat Sonyawarih. Menurutnya segala hal sudah dipersiapkan dengan baik.

“Sudah layak dan baik. Besok mudah-mudahan dari Kodam IV Diponegoro bisa bantu juga untuk tambahan nakes dan tim dapur lapangan,” ujarnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...