Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Klaster Dua Kelinci Pati, Tiga Gedung SD Jadi Tempat Isolasi Terpusat

Petugas TNI dan Polri nampak menjaga salah satu tempat isolasi terpusat klaster Dua Kelinci Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tiga gedung sekolah dasar (SD) di Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati saat ini difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat. Hal ini sebagai tindak lanjut adanya klaster PT Dua Kelinci, dengan ratusan karyawan positif Covid-19.

Apalagi, sebagian besar dari karyawan yang terpapar itu adalah warga Kecamatan Margorejo.

Tiga gedung SD yang menjadi tempat isolasi terpusat, yakni SD Jambean Kidul dengan kapasitas 120 orang, SD Pegandan dengan kapasitas 120 orang, dan SD Sokokulon sebanyak 120 orang.

Kemudian dari PT Dua Kelinci sendiri menyediakan tempat isolasi terpusat dengan kapasitas 80 orang.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, penyediaan tempat isolasi terpusat ini agar warga yang terpapar dapat diisolasi di tempat yang sudah disediakan. Sementara masalah logistik, nantinya akan disediakan oleh pihak PT Dua Kelinci.

“Upaya yang kita lakukan dengan menggandeng pihak perusahaan adalah memastikan bahwa pihak desa menyediakan tempat isolasi terpusat bagi warga yang isolasi mandiri. Sebelumnya, pemerintah daerah pun telah menyediakan tempat isolasi terpusat,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Baca: 652 Karyawan PT Dua Kelinci Pati Terpapar Covid-19

Haryanto menyebut sudah menjalin komunikasi dengan perusahaan terkait hal itu. Sehingga penyediaan sarana dan prasarana seperti kasur, MCK, listrik dan logistik akan dibantu pihak perusahaan.

Selain itu, masing-masing tempat isolasi terpusat yang ada di SD tersebut akan dijaga oleh 12 anggota Polri, enam anggita TNI, enam tenaga kesehatan (nakes) dan Satpol PP. Mereka akan berjaga dengan pengaturan tiga sif.

Baca: PT Dua Kelinci Pati Pastikan Tetap Produksi Meski Ratusan Karyawan Jalani Isolasi

Setidaknya, empat isolasi terpusat itu dapat menampung 538 karyawan Dua Kelinci yang saat ini masih isolasi.

Alhamdulillah dari 652 karyawan Dua Kelinci yang terkonfirmasi positif tersebut, 89 di antaranya telah sembuh dan melewati masa inkubasi. Dan apabila kita hitung dari awal Juni, kemudian dilakukan tes antigen, pekan depan juga sudah banyak yang isolasinya selesai,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap semoga terjadi penambahan yang signifikan karyawan sembuh dan selesai masa isolasi mandirinya. Dengan demikian mereka dapat bekerja dan beraktivitas kembali.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...