Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ganjar Periksa Rumah Sakit Darurat Covid di Kendal, Ingatkan Soal Varian Baru

Gubernur Ganjar memeriksa Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Kendal. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kendal – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memeriksa kondisi Rusunawa Kebondalem Kendal yang diubah fungsi menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC), Sabtu (19/6/2021). Pemeriksaan ini dilakukan di sela aktivitasnya gowes pagi.

Di RSDC Ganjar menemui sejumlah perawat dan petugas keamanan. Di tempat ini Ganjar memeriksa sejumlah titik, mulai dari ruang perawatan.

Ia juga sempat mengingatkan kepada para perawat untuk mengatur tempat makan yang tampak belum berjarak. Ganjar mengingatkan agar lebih waspada, karena varian baru Covid-19 penyebarannya lebih cepat,

“Saya titip jaga kesehatan, sama itu tempat makannya diatur supaya berjarak. Karena ini varian baru penularannya lebih cepat, kita berjaga,” ucap Ganjar.

Varian baru Covid-19 sendiri telah ditemukan di Kabupaten Kendal, yakni varian delta yang penularannya lebih cepat. Dari hasil pemeriksaan sampel oleh Kementerian Kesehatan puluhan spesimen dari Kudus dinyatakan positif varian delta.

Di tempat ini Ganjar mendapat laporan tentang kendala yang dihadapi rumah sakit darurat itu. Selain itu, gubernur berambut putih itu juga mengecek keterisian tempat hingga persediaan peralatan dan obat.

Aji, relawan dari PMI yang bertugas di RSDC Kendal kepada Ganjar menyebut jika saat ini ada 26 pasien Covid-19 yang dirawat.

Menurutnya, pasien yang saat ini menempati RSDC Kendal terpapar dari transmisi lokal. Beberapa merupakan pegawai negeri sipil dan warga Kendal lainnya.

“Ada klaster takziah, ada juga dari pegawai yang pulang dari dinas luar kota terus terpapar,” katanya.

Kapasitas RSDC Kendal, kata Aji, sebenarnya 55 tempat tidur. Namun, belasan kamar rusak dan masih diperbaiki. Sehingga saat ini, yang dapat digunakan sebanyak 32 tempat tidur. Sehingga keterisian sudah 90 persen.

Namun Aji mengatakan, kapasitas di RSDC Kendal saat ini dalam proses penambahan sebanyak 44 tempat tidur.

“Kita di RSDC ini kan hanya menerima yang keluhannya ringan. Jadi kalau ada yang berat itu kita tidak bisa tapi kita upayakan ke rumah sakit supaya penanganannya lebih cepat,” ujar Aji.

Ganjar mengapresiasi semangat para relawan yang bertugas di RSDC Kendal itu. Ia pun berpesan untuk tetap menjaga kesehatan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...