Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dewan Minta Pusat Turun Tangan Bantu Tangani Lonjakan Kasus Covid di Pati

Pasien terpaksa dirawat di luar IGD RSUD Soewondo Pati lantaran penuhnya rumah sakit tersebut. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Terjadinya lonkakan kasus Covid-19 di Kabupaten Pati, membuat anggota DPRD setempat tidak bisa tinggal diam. Kalangan DPRD pun meminta pemerintah pusat untuk ikut turun tangan membantu mengatasi lonjakan kasus di Bumi Mina Tani ini.

Anggota DPRD Pati Teguh Bandang Waluyo mengaku perihatin setelah melakukan pengecekan di beberapa rumah sakit. Apalagi sebelumnya dia juga melihat ada pasien yang terpaksa harus dirawat di mobil, lantaran ruangan IGD penuh.

“Kondisi seperti ini sudah sangat memprihatinkan. Rumah sakit sudah tidak bisa menampung pasien suspek Covid-19. Sementara pasien juga menginginkan agar mereka bisa dirawat,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, kondisi semacam ini harus segera direspon oleh pemerintah pusat. Terlebih ada banyak tenaga medis yang juga turut terpapar.

“Ini yang harus kami sampaikan kepada pemerintah pusat. Kami butuh bed, tempat tidur, butuh oksigen tambahan dan masih banyak lagi. Kalau perlu turunkan relawan medis dari pusat untuk membantu lonjakan di Pati,” ujarnya.

Baca: RSUD Soewondo Pati Penuh, Pasien Terpaksa Dirawat di Luar Ruangan

Menurutnya, yang paling krusial saat ini adalah oksigen. Sebab, hampir sebagian besar pasien Covid-19 yang bergejala, membutuhkan bantuan tabung oksigen. Sementara cadangan oksigen yang ada di rumah sakit, semuanya sudah terpakai.

“Harus ada oksigen tambahan, ini mutlak. Distributor oksigen harus stay di Pati, kalau sewaktu waktu dibutuhkan oleh teman-teman medis, semuanya sudah siap,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...