Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RSUD Soewondo Pati Penuh, Pasien Terpaksa Dirawat di Luar Ruangan

Pasien mendapatkan perawatan di luar ruang IGD RSUD Soewondo Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Hampir seluruh rumah sakit di Kabupaten Pati, sudah over kapasitas untuk pasien dengan gejala Covid-19, termasuk di RSUD Soewondo Pati. Bahkan tidak sedikit pasien yang harus pulang lantaran sudah tidak ada ruangan untuk menampung mereka.

Namun, bagi pasien yang gejala Covid-19 dengan kondisi darurat, tetap mendapatkan perawatan. Hanya saja, perawatan dilakukan di luar ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) sembari menunggu pasien lain masuk ke bangsal.

Hingga saat ini, sudah ada 37 pasien yang antre untuk mendapatkan tempat tidur di RSUD Soewondo. Sebagian dari mereka ada yang di IGD, beberapa lainnya juga ada yang dirawat di luar IGD dengan infus di tangan.

Kasi Rawat Inap RSUD Soewondo Pati Iskandar mengatakan, untuk saat ini baik ruang isolasi maupun IGD kondisinya penuh. Kalaupun ada pasien yang datang, petugas jaga akan menyarankan untuk mencari rumah sakit lain yang masih bersedia menampung.

“Ini semuanya penuh. Di IGD saja ada sekitar 37 pasien yang antre dapat tempat tidur,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Sementara untuk membuka ruang isolasi baru, pihaknya mengaku kewalahan. Sebab, ada banyak tenaga medis di RSUD Soewondo Pati yang saat ini masih isolasi mandiri. Selain itu, untuk kelengkapan medis lainnya juga masih kurang.

“Sarana prasarana seperti tempat tidur atau bed, ventilator, oksigen, kami juga masih kurang. Karena itu kami menggunakan yang ada dulu,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...