Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

309 Warga Kudus Dipulangkan dari Donohudan, Dua di Antaranya Dipindah ke Rusunawa

Warga tiba di Kudus usai jalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 309 pasien Covid-19 asal Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali kembali dipulangkan ke rumah masing-masing, Sabtu (19/6/2021) pagi. Mereka dipulangkan setelah dinyatakan sembuh.

Namun, dua orang di antaranya yang masih berstatus positif Covid-19 juga dipulangkan. Dan dipindahkan menjalani isolasi terpusat di Rusunawa Kudus.

Dengan rincian 165 laki-laki dan 144 perempuan. Mereka berasal dari sembilan kecamatan yang ada di Kudus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo mengatakan, rombongan pasien Covid-19 dipulangkan setelah hasil swab PCRnya negatif. Selain itu, ada juga beberapa pasien yang masa isolasinya sudah selesai dan tidak mengeluhkan gejala apapun juga turut dipulangkan.

“Rata-rata 90 persen sudah negatif dan sisanya yang isolasi mandirinya sudah selesai dan sudah baik, sehat dan dinyatakan sembuh. Total 309 yang kami pulangkan, tiba di Kudus jam 05.00 WIB. 307 di antaranya itu yang sudah sembuh dan dua orang masih positif dipindahkan ke Rusunawa,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Sementara, lanjut Badai, dua orang positif yang dipulangkan tersebut lantaran isolasi terpusat di Boyolali bersama dengan suami atau istrinya yang sudah dinyatakan sembuh. Saat dipulangkan, keduanya juga diangkut dengan armada yang berbeda.

“Mereka pakai ambulans khusus, dan sampai Kudus juga langsung masuk Rusunawa tidak campur dengan pasien yang sudah sembuh,” jelasnya.

Ia merincikan dari 309 yang dipulangkan ke Kudus, terdiri dari Kecamatan Kota sebanyak 37 orang, Jati 29 orang, Gebog 23 orang, Bae 47 orang, Undaan 34 orang, Dawe 29 orang, Mejobo 44 orang, Kaliwungu 41 orang, dan Kecamatan Jekulo sebanyak 25 orang.

Diketahui, Kabupaten Kudus sendiri sebelumnya mengirimkan 529 pasien positif Covid-19 status orang tanpa gejala (OTG) untuk menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Dan dua orang di antaranya meninggal dunia.

Kemudian ada belasan pasien yang dirujuk di Rumah Sakit. Pekan lalu, pemkab juga sudah memulangkan 98 pasien yang sudah dinyatakan sembuh dan satu di antaranya ibu hamil yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...