Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Update Covid-19 Kudus 19 Juni: Pasien Sembuh Lebih Banyak dari Kasus Baru

Ruang isolasi Covid-19 RSUD Loekmono Hadi Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kudus mencatat adanya penambahan pasien baru, pasien sembuh, dan pasien meninggal pada Jumat (19/6/2021) malam.

Kabar baiknya, jumlah pasien sembuh lebih banyak dari pasien baru. Sehingga membuat jumlah pasien aktif menurun walau tak signifikan.

Rinciannya, adalah 237 pasien konfirmasi baru, 256 pasien yang telah sembuh, dan 26 pasien konfirmasi yang meninggal dunia.

“Penambahan di tiga kategori tersebut, menjadikan jumlah kasus aktif kembali menurun di 1.922 orang, atau menurun sebanyak 45 pasien,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo, Sabtu (19/6/2021).

Sementara untuk akumulasi, lanjutnya, hingga Sabtu pagi, total kasus ada sebanyak 11.634 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Untuk jumlah pasien sembuh, kini berada di angka 8.744 orang. Kemudian pasien meninggal berada di angka 968 orang.

“Sementara jumlah pasien aktif yang kami sebutkan tadi, 1.922 orang. Dari jumlah itu 1.530 pasien menjalani isolasi mandiri dan 392 lainnya dalam perawatan di rumah sakit,” rincinya.

Kabupaten Kudus, lanjut Badai, juga masih mengawasi setidaknya 5.789 kontak erat pasien Covid-19, 380 suspek yang masih menunggu hasil swab-PCR, dan 189 probable.

“Oleh karena itu kami harapkan masyarakat bisa melaksanakan disiplin protokol kesehatan secara baik dan benar,” katanya.

Penerapan prokesnya, seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. “sehingga bisa memutus rantai penularan virus ini,” lanjut Badai.

Para pasien yang kini menjalani isolasi pun diharapkan bisa melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Sehingga klaster keluarga bisa dihindari.

“Pasien yang tengah dirawat juga kami upayakan kesembuhannya,” jelas dia.

Kabupaten Kudus sendiri kini tengah menerapkan kebijakan sepekan di rumah saja guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Pelaksanaannya sudah berjalan hingga akhir pekan ini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...