Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Digelarnya Salat Jumat di Masjid Agung Bikin Warga Kudus Ini Kecewa

Petugas Masjid Agung Kudus memberitahu warga tentang tak diselenggarakannya salat Jumat untuk sementara. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Masjid Agung Kudus tak menyelenggarakan salat Jumat berjamaah, Jumat (18/6/2021) hari ini. Kebijakan ini diambil lantaran Kudus masih zona merah, dan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Pengamatan MURIANEWS, di depan pintu pagar masjid terdapat papan pengumuman bahwa Masjid Agung meniadakan salat Jumat.

“Mengingat Kudus masih zona merah maka Masjid Agung Kudus tidak menyelenggarakan Sholat Jum’ah. Pengurus Masjid Agung Kudus” isi pengumuman tersebut.

Kendati ditiadakan, beberapa petugas kebersihan masih membersihkan area Masjid Agung. Tampak petugas kebersihan mengepel area masjid. Ada juga yang membersihkan tempat wudu.

Salah seorang warga Demaan, Kudus, Bambang mengaku kecewa lantaran tak bisa salat Jumat di Masjid Agung. Padahal menurutnya masih bisa dibuka dengan protokol kesehatan (prokes).

“Protokol ya protokol asal tetap prokes seharusnya tidak apa-apa. Kalau ditutup seperti ini kan nanti Jumatannya di mana,” katanya, Jumat (18/6/2021).

Masjid Agung Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Menurutnya, prokes di Masjid Agung sudah bagus. Mulai dari 3M dan ketersediaan tempat cuci tangan.

“Di sini prokesnya sudah bagus. Makanya sayang kalau tidak boleh Jumatan. Ya kan sudah prokes juga kok tetap tidak boleh,” ujarnya.

Nur Baidi, warga Kudus lain juga mengaku kecewa lantaran tak bisa salat Jumat di Masjid Agung Kudus. Ia pun harus mencari masjid lain, padahal sebelumnya sudah menyiapkan diri untuk salat di masjid di tengah kota tersebut.

“Ya mau gimana lagi, putar balik dan cari masjid lain. Tidak tahu kalau tidak ada Jumatan di masjid ini,” terangnya.

Sementara Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kudus Noor Badi menjelaskan, keputusan untuk tak menyelenggarakan salat Jumat hari ini berdasarkan rapat pengurus pada Rabu (16/6/2021).

Baca: Masjid Agung Kudus Sementara Tak Selenggarakan Salat Jumat Berjemaah

Selain itu juga mempertimbangkan lokasi Masjid Agung Kudus yang berada di pusat kota, sehingga dimungkinkan jemaah yang datang pun bukan hanya dari warga sekitar saja. 

Selain itu, Kabupaten Kudus kini masih dalam zona merah, dan memperhatikan surat edaran Bupati Kudus tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Sehingga pengurus memutuskan sementara waktu tidak menyelenggarakan salat Jumat berjemaah. 

“Pengurus memutuskan Masjid Agung tidak menyelenggarakan salat Jumat sementara waktu (hari ini). Tapi untuk pekan depan, nanti kami lihat kondisinya seperti apa dan kami menyesuaikan,” katanya Jumat (18/6/2021) pagi. 

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha 

Comments
Loading...