Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mahasiswa USM Kembangkan Sistem Beasiswa SMAN 1 Gubug

Empat mahasiswa USM pembuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk SMAN 1 Gubug. (Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Empat mahasiswa Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) membuat sebuah program Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk SMAN 1 Gubug.

Keempat mahasiwa tersebut ialah Habib Dwi Pangestu, Rizky Aji Pangestu, Maulana Gibran Ibnu Afinda, dan Fajar Gilang Ramadhan.

Rizky menjelaskan, SPK yang dibuat adalah sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa menggunakan metode moora. Dengan sistem ini, pihak sekolah akan lebih mudah menentukan siswa mana yang akan mendapatkan beasiswa, berdasarkan beberapa kriteria yang sudah ditetapkan.

”Dengan adanya sistem ini, diharapkan mampu meningkatkan keakuratan dalam pemilihan beasiswa yang sudah ditetapkan oleh sekolah,” katanya.

Sementara untuk pemilihan metode moora, lanjutnya, dikarenakan metode ini memiliki perhitungan dengan kalkulasi yang minimum dan sangat sederhana.

”Meski begitu metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik dalam menentukan suatu alternatif dari beberapa pilihan alternatif yang ada,” tambahnya.

Rizky menyebutkan, untuk menyukseskan program ini, pertama kali dilakukan adalah melakukan riset dengan mengunjungi lokasi sekolah. Lalu mencari data dengan cara melakukan wawancara secara langsung dengan pihak terkait dan pengimplementasian sistem serta mengintegrasikan sistem tersebut ke sekolah.

”Sistem Pengambilan Keputusan dibuat dengan menggunakan Mysql dan PHP. Program ini tersedia pada versi PC. Kami berharap program ini bermanfaat bagi sekolah dalam pengambilan keputusan untuk penerimaan beasiswa,” tambahnya.

Sementara itu, Slamet, aggota Tata Usaha SMAN 1 Gubug mengaku senang dengan program yang dibuat. Apalagi program yang dibuat bisa membantu sekolah dalam pemilihan siswa yang mendapatkan beasiswa.

”Kami berharap sistem ini akan segera jadi. Dari pemaparan yang ada, sistem ini akan sangat membantu untuk menentukan beasiswa dengan objektiv,” tandasnya.

 

Penulis: Yuda Aulia Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...