Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Karyawan Terpapar Covid-19, Dua Kelinci Pati Gencarkan Swab Termasuk ke Pedagang Pasar Tiban

Petugas mengambil sampel swab karyawan PT Dua Kelinci Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 652 karyawan PT Dua Kelinci Pati terpapar Covid-19. Saat ini, manajemen perusahaan itu melakukan langkah antisipatif untuk mencegah penularan yang lebih luas.

Semua karyawan akan dilakukan swab, termasuk pedagang pasar tiban yang berada di samping barat perusahaan tersebut.

Wakil Ketua Tim Siaga PT Dua Kelinci Tofan Rubianto mengatakan, langkah swab massal itu sengaja dilakukan untuk memberikan kepastian serta merasa nyaman bagi para pekerjanya. Hal tersebut juga menjadi komitmen dalam memutus persebaran Covid-19.

“Dari yang tercatat memang ada 652 yang terkonfirmasi positif. Jumlah itu setara 13 persen dari total pegawai yang mencapai 5.214 orang. Hingga saat ini ada 89 orang yang telah dinyatakan sembuh, dan 4.562 orang dinyatakan negatif,” katanya, Jumat (18/6/2021).

Dia menyebut, kali pertama karyawannya diketahui ada yang positif adalah ketika dilakukan skrining setelah libur Lebaran. Kemudian pada saat Kabupaten Kudus terjadi lonjakan kasus pada awal Juni lalu, proses skrining pun kembali dimaksimalkan.

“Saat itu maka proses swab kami prioritaskan untuk pegawai dari Kudus. Rupanya kami ketahui hasil yang cukup banyak. Hingga akhirnya kami tuntaskan dengan melakukan swab bagi seluruh pegawai hingga diketahui total ada 652 pegawai yang terkonfirmasi,” ujarnya.

Baca: 652 Karyawan PT Dua Kelinci Pati Terpapar Covid-19

Langkah swab terukur itupun dikatakannya akan terus dilakukan. Bagi pegawainya yang melaporkan telah kontak erat maupun yang mengalami batuk, pilek dan demam akan segera dilakukan tes antigen.

“Untuk pedagang pasar tiban yang ada di depan pabrik dengan kisaran 150 hingga 175 orang juga akan kami tes swab antigen. Kami juga akan melakukan sampling tes swab secara periodik. Begitu pula untuk pegawai anak perusahaan termasuk gerai penjualan maupun resto juga telah kami tes,” terangnya.

Sedangkan untuk karyawan yang masih positif, saat ini ada yang isolasi mandiri di rumah dan ada yang isolasi terpusat di tempat yang disediakan oleh PT Dua Kelinci. Selama proses isolasi, karyawan juga dicukupi kebutuhannya oleh pihak perusahaan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...