Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

29 Daerah di Indonesia Zona Merah, Tiga di Antaranya di eks-Karesidenan Pati

Petugas medis RSUD Kudus tengah menyiapkan ventilator untuk pasien Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Virus Corona mengganas di sejumlah wilayah di Indonesia. Terbukti, sebanyak 29 daerah di Indonesia berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Dari jumlah tersebut, tiga daerah di antaranya ada di eks-Karesidenan Pati.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, meminta pemerintah daerah bersama satgas covid-19 setempat untuk segera melakukan penguatan 3T ( testing, tracing, dan treatment) terhadap warganya dalam beberapa pekan ke depan pasca lebaran.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Satgas Covid-19 di lingkungan terkecil bisa menerapkan micro lockdown dengan menutup satu kawasan kecil di tingkat RT/RW jika terdapat minimal lima orang positif Covid-19.

Mengutip Solopos.com, Wiku mengatakan sebelumnya zona merah hanya ada enam daerah. Namun ada 23 daerah yang menjadi zona merah. Di antaranya adalah Kabupaten Aceh Tengah dan Pidie (Aceh); Padang Pariaman, Pasaman Barat, dan Bukit Tinggi (Sumatera Barat); Rokan Hulu dan Pekanbaru (Riau); Muara Enim (Sumatera Selatan).

Lalu Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Kota Jambi (Jambi); Kota Bengkulu (Bengkulu); Metro (Lampung); Kota Bintan (Kepulauan Riau); Bandung (Jawa Barat). Selanjutnya Wonogiri, Sragen, Grobogan, Jepara, Semarang (Jawa Tengah); Bantul, Sleman (DI Yogyakarta); dan Bangkalan (Jawa Timur).

Dengan demikian zona merah saat ini berjumlah 29 kabupaten/kota (5,64 persen), pekan sebelumnya 17 kabupaten/kota.

Zona merah terbanyak masih didominasi daerah di Sumatera, antara lain:

Aceh: Pidie, Kota Banda Aceh, Aceh Tengah
Sumatera Barat: Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, Kota Bukittinggi
Riau: Kota Pekanbaru, Rokan Hulu
Jambi: Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi, Muaro Jambi
Sumatera Selatan: Muara Enim, Kota Palembang
Bengkulu: Kota Bengkulu
Lampung: Kota Metro

Kemudian zona merah lainnya berada di Pulau Jawa, yakni:

Jawa Barat: Bandung, Bandung Barat
Jawa Tengah: Wonogiri, Kudus, Grobogan, Tegal, Sragen, Semarang, Jepara
DI Yogyakarta: Sleman, Bantul
Jawa Timur: Bangkalan, Kabupaten Madiun

Sementara, jumlah kabupaten/kota yang masuk dalam resiko sedang atau oranye naik dari 332 menjadi 339 kabupaten/kota (65,95 persen).

“20 kabupaten/kota di zona oranye dengan skor yang mendekati masuk zona merah. Yaitu Kota Bandung, Kota Pontianak, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Medan, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Dharmasraya, Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Pati,” kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021).

Lalu, zona resiko rendah atau kuning turun menjadi 121 kabupaten/kota, dan zona hijau atau zona hijau tidak ada kasus 7 kabupaten/kota, serta tidak terdampak satu kabupaten/kota.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...