Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Strategi Tangani Covid-19 di Kudus, Panglima TNI: Percepat Vaksinasi dan Perketat PPKM Mikro

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) memberi keterangan usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di KPSG Kudus, Kamis (17/6/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan ada dua cara yang harus segera dilakukan untuk menekan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Dua cara tersebut adalah percepatan vaksinasi masyarakat dan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Kudus.

Hal tersebut, dia ungkapkan saat meninjau proses vaksinasi bagi masyarakat di Klinik Pratama Sukun Grup (KPSG), di halaman Sukuntex, Kudus, Kamis (17/6/2021) sore.

“Pelaksanaan vaksinasi masyarakat akan mendukung vaksinasi nasional yang saat ini terus dilaksanakan hampir seluruh wilayah,” ucap Hadi.

Pihaknya pun berharap target vaksinasi yang saat ini berada di angka 700 ribu orang per hari, bisa tercapai.

Terlebih, pada bulan Juli 2021 mendatang akan ditingkatkan targetnya sebanyak satu juta orang per hari. “Itu adalah strategi yang pertama,” ujar dia.

Strategi yang kedua, lanjut dia, adalah dengan melakukan PPKM mikro secara ketat. Pengetatan tersebut, tak hanya dilakukan di zona merah saja. Tetapi juga di zona oranye bahkan zona hijau. Sehingga sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021.

“Pelaksanaan PPKM mikro sudah ada penjelasannya di sana (Permendagri), di antaranya melakukan tracing kontak erat, melaksanakan isolasi mandiri, dan mengawasi pelaksanaanya. Mudah-mudahan dua strategi ini bisa terlaksana dengan baik di Kudus, sehingga kasus ini bisa segera dihindari,” jelasnya.

Baca: Tinjau Vaksinasi di Sukun, Kapolri Sebut Vaksinasi Jadi Salah Cara Tekan Penularan Corona di Kudus

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengunjungi vaksinasi untuk masyarakat umum di KPSG, Kamis (17/6/2021) sore.

Turut pula hadir dalam rombongan, yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga tampak mendampingi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...