Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belum Ada Lagi Pasien Covid Asal Kudus Dipulangkan dari Donohudan, Tunggu Hasil Swab

Kepulangan pasien dari Asrama Haji Donohudan ke Kudus setelah dinyatakan sembuh, Sabtu (12/6/2021). (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus hingga saat ini belum memulangkan kembali pasien corona dari daerahnya yang menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Hingga saat ini, masih ada 426 pasien positif dengan status  orang tanpa gejala (OTG) yang masih menjalani isolasi terpusat di tempat tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kabupaten Kudus Badai Ismoyo mengatakan, sampai dengan saat ini pihaknya belum bisa memulangkan OTG yang menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan. Sebab, pihaknya masih menunggu hasil swab PCR dari pengelola isolasi terpusat tersebut.

“Ini saya belum mendapatkan informasi. Karena menunggu hasil swab PCR dari pasien yang di Donohudan,” katanya, Kamis (17/6/2021).

Ia menyebut, saat proses pemulangan nanti harus sesuai prosedur. Hasil tes swab PCR harus sudah menunjukkan status negatif. Namun, ketika masih menunjukkan hasil positif, maka pasien OTG tersebut belum diperbolehkan pulang terlebih dahulu.

“Kami juga tengah merancang prosedur pemulangan pasien yang negatif, agar tidak terlihat terlalu rumit,” ucapnya.

Sementara Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Kudus Agus Budi Satrio menyatakan, pemkab sendiri sudah menyiapkan armada untuk melakukan penjemputan pasien dari Donohudan.

Dirinya juga sudah menerima informasi sudah ada pasien yang diswab tes PCR, namun hasilnya masih belum diketahui. Pasien yang sudah diswab PCR dengan hasil negatif, nantinya akan dijemput untuk kembali ke Kudus.

“Belum ada informasi hasilnya, sampai saat ini masih belum diketahui. Tapi kami sudah siapkan personel dan armada untuk melakukan penjemputan nanti. Tinggal menunggu rekomendasinya saja, dan wewenangnya memang dari sana (Asrama Haji Donohudan), ” jelasnya.

Diketahui, Pemkab Kudus sendiri, sudah memulangkan 98 pasien dari Asrama Haji Donohudan beberapa waktu lalu. Mereka dipulangkan karena sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...