Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ingin Tau Berapa Imbalan Uang Bagi Para Peserta Euro 2020? Ini Lho Jawabannya!

Euro 2020 (sportingfree.com)

MURIANEWS, Kudus – Euro 2020 merupakan turnamen sepak bola antar negara bagi negara-negara di kawasan Eropa. Lebih khusus lagi mereka merupakan anggota dari feederasi Sepak Bola Eropa atau UEFA. Turnamen ini seperti Piala Dunia, digelar setiap 4 tahun sekali.

Meski hanya digelar untuk kawasan Eropa, turnamen ini memiliki daya tarik ‘nyaris’ seperti Piala Dunia. Untuk gelaran tahun 2021 ini, sebenarnya sudah harus dilaksanakan pada 2020 lalu. Karena Covid-19 menggila, pelaksanaan di 2020 akhirnya ditunda pada tahun ini.

Meski ditunda pelaksanaannya, turnamen ini tetap menggunakan nama Euro 2020. Ini merupakan turnamen yang ke-16 sejak bertitel Euro. Sebab sebelumnya bernama Piala Negara-Negara Eropa (Nations Europa Cup).

Euro 2020 merupakan moment peringatan ke-60 sejak turnamen ini dilaksanakan pada 1960. Sejak 11 Juni 2021 turnamen Euro 2020 ini dilaksanakan. Kini bahkan sudah hampir memasuki babak 16 besar. Sebanyak 24 negara ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini.

Berbeda dengan penyelenggaraan Euro sebelumnya, untuk Euro 2020 tidak dipusatkan di satu negara sebagai tuan rumah. Namun kali ini ada 11 kota di 11 negara yang ditunjuk menjadi tuan rumah.

Inggris menjadi negara yang sedikit diutamakan, karena ditunjuk menjadi tempat penyelenggaraan kualifikasi, semi final dan final. Stadion Wembley di London, Inggris, akan menjadi tempat pertandingan fase krusial turnamen Euro 2020.

11 kota yang ditunjuk mejadi tuan rumah itu adalah London (Inggris), Baku (Azerbaijan), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Copenhagen (Denmark), Glasgow (Skotlandia), dan Sevilla (Spanyol).

Satu hal yang selama ini sering menjadi pertanyaan, adalah soal hadiah yang disediakan dalam turnamen ini. Masalah hadiah dan match fee di turnamen Euro tidak banyak disinggung oleh media-media di seluruh dunia.

Sportingfree, salah satu media di Portugal menyebutkan turnamen ini tetap menyediakan match fee (uang pertandingan) dan hadiah bagi yang menjadi juara. Untuk Euro 2020 ini hadiah dan match fee yang disediakan panitia bahkan mengalami peningkatan jumlah.

Setiap tim yang masuk ke putaran final sudah dipastikan akan mendapatkan uang saku pertandingan. Nilainya pada Euro 2020 ini naik menjadi 9,5 Juta Euro, dari sebelumnya hanya 2 juta Euro pada Euro 2016. Angka ini mencapai Rp137 Miliar lebih.

Secara keseluruhan hadiah uang yang disediakan di Euro 2020 mencapai 456 juta euro atau sekitar Rp7,8 triliun. Khusus untuk juara, selain mengangkat trophy Henri Dealunay, juga akan diberikan hadiah sebesar 34 Juta Euro atau kurang lebih Rp585 miliar.

Berikut rincian uang yang diberikan dalam turnamen sepak bola Euro 2020:

Fase Jumlah Uang diterima
Peserta Euro 2020 24 tim peserta mendapatkan masing-masing 9,5 juta Euro
Penyisihan Grup Menang (1,5 Juta Euro), Seri (750 ribu Euro)
Babak 16 Besar 2 Juta Euro
Babak 8 Besar 3,25 Juta Euro
Babak Semi Final 5 Juta Euro
Runner-up 7 Juta Euro
Juara 10 Juta Euro
Total Hadiah 456 Juta Euro

 

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: sportingfree.com

Comments
Loading...