Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ramuan Rabuknyowo Racikan Warga Pati Ini Dipercaya Mampu Tangkal Corona

Ramuan Rabuknyowo yang dipercaya bisa menangkal Covid-19. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Semakin menggilanya wabah Covid-19 di Pati Bumi Mina Tani, membuat masyarakat harus menyiapkan upaya untuk menjaga daya tahan butuh, agar terhindar dari virus tersebut. Ada juga warga yang membuat racikan berbahan dasar empon-empon yang diberi nama Rabuknyowo atau pupuk nyawa.

Dia adalah Pramudya Budi Listyantoro, warga Perumahan Kutoharjo, Pati. Menurutnya, ramuan itu adalah warisan dari nenek moyang yang sebelumnya hanya dikonsumsi oleh keluarganya sendiri. Khasiatnya pun dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Awalnya untuk konsumsi keluarga saya. Apalagi ketika Covid-19 ini kita perlu betul-betul menjaga kesehatan. Kemudian minuman ini kami sajikan ke teman-teman, juga ketika ada tamu. Ternyata mereka cocok dan merasakan khasiatnya,” ujar Pramudya, Kamis (17/6/2021).

Untuk bahan yang digunakan di antaranya adalah jahe merah, temulawak, empu kunir, dan kayu manis. Menurutnya, berbagai bahan itu sangat mudah didapatkan di perkampungan.

Pramudya (kanan) menunjukkan ramuan Rabuknyowo hasil racikannya. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Kalau pun membeli dari pasar, bahan tersebut tersedia cukup melimpah. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau.

Sementara untuk penamaan Rabuknyowo sendiri, Pramudya mengaku mempunyai filosofi tersendiri. “Kenapa namanya Rabuknyowo, itu ibarat tanaman yang semakin subur kalau dirabuk (dipupuk). Jadi dengan minum ini orang seperti ngerabuki (memupuk) nyawanya supaya sehat,” jelasnya.

Dia juga mengaku bahwa banyak di antaranya pemesan minuman racikannya itu merupakan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Beberapa orang yang sudah mengonsumsi ramuan itu mengaku kondisi tubuhnya lebih baik. Penyembuhan Covid-19 menjadi lebih cepat.

“Mereka yang kena covid biasanya merasa linu, susah napas, pusing. Biasanya ketika mereka minum ini, yang dirasakan langsung lega di tenggorokan, badan berkeringat, tidur nyenyak, kemudian bangun pagi pegal-pegal hilang,” jelas dia.

Pramudya menjual rabuknyowo dalam dua kemasan, yakni berupa racikan bahan kering dan kemasan siap minum.

“Sebelumnya saya jualan yang siap minum di warung. Tapi sekitar tiga bulan lalu kami tutup karena kondisi pandemi yang meningkat. Kemudian ternyata banyak yang nyari, apalagi sekarang covid mengganas. Kebanyakan sekarang minta bahan racikan,” jelasnya.

Kemasan bahan racikan ia jual Rp  6 ribu per bungkus. Sementara kemasan siap minum dia jual Rp 7.500 per cup.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...