Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Zona Merah, Masjid Agung Baitunnur Pati Tiadakan Salat Jumat Dua Pekan

Masjid Agung Baitunnur Pati nampak sepi. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Masjid Agung Baintunnur Pati meniadakan salat Jumat berjemaah selama dua pekan, yakni pada Jumat (18/6/2021) besok dan Jumat (25/6/2021) mendatang.

Hal ini menyusul Kabupaten Pati kembali memasuki zona merah. Sehingga, semua aktivitas masyarakat termasuk aktivitas keagamaan juga dilakukan pembatasan.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitunnur Pati Nur Aris pun mengeluarkan maklumat terkait peniadaan sementara salat Jumat selama dua pekan tersebut.

Sehingga, para jemaah yang biasa menunaikan salat Jumat di masjid sebelah barat Alun-Alun Pati tersebut, diminta untuk mengganti dengan salat zuhur di rumah masing-masing.

“Untuk sementara kegiatan peribadatan di Masjid Agung Baitunnur Pati dihentikan mulai tanggal 17-30 Juni,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (17/6/2021).

Keputusan ini diambil lantaran kondisi terkini, pandemi Covid-19 di wilayah Pati Kota khususnnya daerah Kauman Pati Kidul yang menurut pihak berwenang masuk dalam kategori zona merah.

Selain itu juga berdasarkan pendapat dan saran peserta rapat pengurus harian dewan pelaksana takmir Masjid Agung Baitunnur Pati yang dihadiri pula oleh pihak Puskesmas dan warga sekitar Kauman.

“Kemudian pertimbangan lainnya adalah salah satu tujuan (maqoshid) syariah ISLAM, yaitu menjaga keselamatan jiwa-raga manusia atas tujuan syariat yang lain,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Mengingat, situasi dan kondisinya memang tidak memungkinkan. Sehingga hal ini diharapkan dapat dimaklumi jemaah maupun masyarakat yang lain.

Insyallah. Mudah-mudahan kalau Pati Kota berubah secepatnya ke zona oranye, maka akan diselenggarakan lagi jemaah untuk umum,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...