Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bungahnya Purmanto dan Parti Rumahnya Segera Direnovasi Ganjar

Gubernur Ganjar Pranomo berbincang dengan Purmanto dan Parti. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Purmanto dan Parti sepasang suami-istri warga Dusun Ganding, Desa Sumberejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang ini, menjadi pasangan yang beruntung. Bagaimana tidak, mimpi mereka untuk merenovasi rumah yang sudah ditinggali sekeluarga setengah abad lebih akan segera terwujud.

Terwujudnya mimpi itu, tak lain setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menengok keadaan rumah mereka, Rabu (16/6/2021).

Rumah peninggalan dari orang tua itu, hingga kini belum pernah dilakukan renovasi. Konstruksi ataupun dinding rumah mereka masih menggunakan kayu, terlihat kondisi kayu juga yang sudah mengalami pelapukan. Lantainya pun masih beralaskan tanah.

Beberapa papan kayu yang menyekat antara ruang tengah dan kamar pun terlihat tak lagi utuh. Bahkan ada yang sudah lapuk menggantung tidak menyangga di tanah. Dalam rumah tersebut memiliki tiga buah kamar.

Sesampainya di rumah tersebut, Ganjar pun menyapa Purmanto yang tengah duduk di teras depan rumah dan menanyakan pekerjaan keseharian Purmanto

Njenengan nyambut damel nopo pak? (Bapak kerja apa?), ” tanya Ganjar

“(bikin) Besek pak (tempat yang terbuat dari anyaman bambu), ” jawab Purmanto yang juga penyandang disabilitas itu.

Ganjar Pranowo melihat kondisi rumah tak layak huni yang yang ditinggali Purmanto dan Parti. (MURIANEWS/Istimewa)

Ganjar lantas berdialog dengan Parti tentang kondisi rumahnya dan bertanya ingin direnovasi seperti apa rumah itu.

Meh digawe koyok piye bu? iki kan (omahe) gede, sing didandani cilik wae sak cukup wae, (Mau dibuat seperti apa bu? Ini rumahnya besar, yang direnovasi secukupnya saja), ” tanya Ganjar menawari Parti.

Nggih pak mpun kula manut mawon, (Iya pak sudah saya nurut saja),” sahut Parti menjawab pertanyaan Ganjar.

Mendengar jawaban Parti, Ganjar bergegas menelepon seseorang. Ternyata, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jawa Tengah Arief Djatmiko yang ditelepon Ganjar saat itu. Ganjar pun meminta agar rumah Purmanto dan Parti segera direnovasi.

“Pak ini saya di Kabupaten Semarang, liat  RTLH (Rumah Tak Layah Huni) . Nah coba dibuatkan atau kirim (tenaga) besok ke sini, kalau ada tenaganya sekarang boleh. Terus buatkan desain, omahe menurutku gede, tapi bolong-bolong,” ucap Ganjar saat menelpon Arief Djatmiko.

Niat Ganjar untuk membantu Parti dan suaminya untuk memperbaiki rumah kembali diutarakan seusai menelepon. Ganjar pun berharap, pembangunan rumah mereka bisa berjalan dengan lancar, baik dan rumahnya menjadi layak untuk dihuni.

Maturnuwun Pak Ganjar, diberikan bantuan. Diperbaiki rumahnya, seneng, ” jelas Parti dengan raut muka yang bungah (bahagia).

Tak lupa sebelum berpamitan, Ganjar juga mengingatkan dan berpesan kepada keluarga dan warga sekitar untuk bisa disipilin protokol kesehatan. Apalagi di desa tersebut, masih nihil kasus Covid-19 dan perlu dipertahankan.

“Dijaga terus ya bapak ibu, maskere dipake terus nggih. Jogo Tonggo digerakkan, yang keluar masuk dicateti. Pun pamit nggih,” ucap Ganjar yang akan berpamitan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...