Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPDB SD di Kudus Didorong Manfaatkan WA, SMP Lewat Website

Petugas PPDB SMP 2 Undaan Kudus membantu orang tua wali calon peserta didik yang kesulitan mendaftar melalui online, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus meminta sekolah dasar (SD) di Kudus memaksimalkan pelayanan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB), melalui WhatsApp (WA). Sedangkan, untuk tingkat SMP di Kudus PPDB bisa dilakukan secara online melalui website.

Diketahui, PPDB tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kudus akan dimulai pada Senin (21/6/2021) pekan depan.

Sekretaris Disdikpora Kudus Dian Vitayani Winahyu mengatakan, PPDB online via WA pada SD di Kudus dirasa lebih familiar dibanding dengan penggunaan website seperti pada PPDB SMP.  Panitia PPDB di tingkat SD diminta untuk membentuk panitia khusus agar pelayanan PPDB secara daring bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, nomor WA juga harus disosialisasikan agar bisa memperlancar saat proses pendaftaran.

“Jadi onlinenya minimalis melalui WA, bisa mengirim data diri, foto kartu keluarga atau akta kelahiran ke WA masing-masing sekolahan,” katanya, Rabu (16/6/2021).

Meski demikian, jika ada yang terkendala dan kesulitan dalam melakukan akses melalui WA bisa datang ke sekolah. Dengan catatan, menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tapi tetap harus dimaksimalkan melalui WA dulu atau sarana lain yang bisa mempermudah dalam pendaftaran PPDB online,” jelasnya.

Sementara, PPDB tingkat SMP di Kudus akan dilakukan melalui website. Calon peserta didik baru, lanjut dia, bisa mengakses pendaftaran PPDB melalui http://kudus.siap-ppdb.com.

Menurutnya pendaftaran PPDB tingkat SMP yang melalui website tersebut, bukan hanya diikuti oleh SMP negeri di Kudus saja. Ada pula beberapa SMP swasta yang ikut bergabung dalam PPDB online itu.

Seperti, SMP Muhammadiyah 1 Kudus, SMP Muhammadiyah 2 Kudus, SMP PGRI Jati Kudus dan SMP IT Assaidiyyah.

“Mereka (SMP swasta) berminat ikut gabung dalam PPDB online, ya kami persilahkan. Kalau tahun lalu tidak ada,” ucapnya.

Menurutnya secara keseluruhan PPDB tahun ini, prinsipnya sama dengan tahun kemarin. Di mana terdapat beberapa jalur, seperti jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afimasi, dan jalur perpindahan orang tua.

“Yang membedakan itu, tahun ini jalur prestasi bisa dalam zonasi dan luar zonasi. Kalau tahun kemarin kan luar zonasi saja,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...