Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Corona Varian India Menular Lebih Cepat, Begini Ciri-Ciri Orang yang Terpapar

Warga menjalani skrining sebelum disuntik vaksin Covid-19 di RSI Sunan Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Covid-19 varian B1167 yang juga disebut varian dari India mulai terdeteksi di Kudus. Virus ini disebut-sebut mempunyai kemmapuan menular yang jauh lebih cepat dibanding varian lain.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus dr Ahmad Syaifuddin menyebut, sifat mutasi varian B1167 lebih cepat. Sehingga lebih cepat menular ketika berikatan dengan tubuh.

“Benar lebih cepat menular jika dibandingkan dengan Covid-19 biasa. Tetapi masyarakat tidak perlu takut, melainkan harus waspada,” katanya, Rabu (16/6/2021).

Lebih lanjut, Dokter Ahmad Syaifuddin menyampaikan bahwa WHO mencatat varian B1167 sudah masuk di 44 negara. Dia juga menjelaskan beberapa ciri-ciri terpapar Covid-19 varian India.

Di antaranya anosmia atau kehilangan kemampuan mengecap rasa dan mencium. Kemudian mata merah, mual, diare, sakit tenggorokan, nyeri pada otot dan persendian, sakit kepala dan muncul ruam pada kulit.

Dokter Ahmad Syaifuddin menyarankan ketika nantinya mengalami gejala tersebut agar melakukan pemeriksaan swab antigen atau swab PCR. Ketika hasilnya positif disarankan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

“Ketika langsung tertangani maka tidak membuat kondisi seseorang yang terpapar itu semakin buruk,” ujarnya.

Dokter Ahmad Syaifuddin mengimbau agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Selain itu menjaga kesehatan dan pola makan.

“Tidak perlu khawatir, tetapi tetap waspada. Caranya dengan mentaati prokes,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...