Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Warganya Isolasi Mandiri, Pemdes Bulumanis Kidul Pati Dirikan Dapur Umum

Ibu-ibu memasak di dapur umum Desa Bulumanis Kidul. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Desa (Pemdes) Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, mendirikan dapur umum. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan logistik bagi warga yang saat ini tengah isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Kepala Desa Bulumanis Kidul Santoso mengatakan, saat ini ada sekitar 20 warga yang isolasi mandiri di rumah. Agar mereka tetap fokus pemulihan, pihak desa memberikan asupan makaan setiap harinya.

“Setiap hari, kami berikan paket makanan tiga kali sehari. Karena itu, kami membuat dapur umum yang dibantu oleh warga sekitar,” katanya, Rabu (16/6/2021).

Lanjutnya, upaya itu juga untuk memaksimalkan program Jogo Tonggo yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah. Sehingga warga yang terpapar Covid-19 bisa fokus untuk isolasi.

Santoso juga menambahkan, sekalipun program tersebut diinisiasi oleh pemdes, tetapi ada banyak juga donatur yang turut menyumbang. Tidak hanya berupa uang, ada juga yang membantu dalam bentuk barang, seperti beras, gula, minyak goreng dan bumbu dapur.

“Untuk dapur umum ini sudah kami dirikan sejak Senin (14/6/2021) kemarin. Alhamdulillah warga antusias untuk membantu,” terangnya.

Dirinya juga menilai, dengan adanya dapur umum tersebut, solidaritas masyarakat untuk membantu sesama justru lebih meningkat. Hal ini suatu kebanggaan tersendiri di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Untuk warga yang isolasi, tidak perlu hawatir. Kebutuhan makanan dan vitamin pasti kami penuhi. Yang penting tetap jaga kesehatan,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...