Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pihak Swasta di Kudus Diminta Turut Sediakan Tempat Isolasi Terpusat

HM Hartopo, Bupati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Perusahaan-perusahaan di Kabupaten Kudus diminta untuk menyiapkan lokasi isolasi mandiri terpusat di seputar wilayah kerjanya. Bupati Kudus HM Hartopo pun segera mengundang semua pihak swasta terkait hal tersebut.

”Akan kami panggil segera untuk membuat shelter-shelter isolasi, terserah mungkin untuk karyawannya atau siapapun,”  katanya, Rabu (16/6/2021).

Hartopo mengatakan, dengan pembuatan shelter atau tempat isolasi terpusat oleh pihak swasta, maka akan sangat meringankan beban pemkab dalam meyiapkan ruang isolasi bagi warga Kudus.

Sehingga tidak ada lagi warga Kudus yang harus diisolasi ke luar daerah. “Jangan sampai keluarga kudus ini di bawa ke sana lagi. Biar di sini saja,” ujarnya.

Pemkab Kudus sendiri, kini kembali berusaha untuk merefocusing anggarannya. Guna menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat bagi warga Kudus yang terkonfirmasi positif Covid-19  tanpa gejala.

“Saat ini juga kami tengah merancang jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak,” sambung dia.

Bantuan dari pusat dan provinsi juga akan dimaksimalkan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

“Semoga ini nanti bisa berbagi dengan warga-warga yang sangat terdampak covid-19 ini,” jelas Hartopo.

Pemerintah Kabupaten Kudus kini tengah menyiapkan lokasi isolasi terpusat di sejumlah titik di Kabupaten Kudus. Seperti Rusunawa, asrama Akbid Kudus, Balai Diklat Sonyawarih, dan Graha Muria Colo.

Baca: UMKU Dirikan Pesantren Covid-19 Shelter untuk Isolasi Pasien Corona di Kudus

Desa-desa di Kabupaten Kudus juga diminta untuk menyiapkan ruang isolasi bagi warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala. Sarana seperti kasur untuk tempat tidur isolasi pun telah dianggarkan.

Jumlah tempat isolasi di Kabupaten Kudus sendiri, berada di kisaran seribu tempat tidur. Dengan rincian sekitar 400 tempat tidur di sejumlah lokasi seperti Rusunawa, Balai Diklat Sonyawarih, Graha Muria Colo, dan Akbid Kudus.

Kemudian lokasi isolasi terpusat di desa-desa di Kudus yang jumlahnya mencapai 599 tempat tidur.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...