Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasien Covid-19 di Situbondo Kabur dari Karantina karena Tak Kerasan, Langsung Dijemput Aparat

Ilustrasi: Petugas mengambil sampel lendir untuk swab test drive thru di RSND Undip Semarang. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Situbondo – Seorang pasien Covid-19 di Situbondo, Jawa Timur kabur dari tempat karantina di Puskesmas Arjasa, Situbondo. Pasien yang terdeteksi positif Covid-19 dari swab antigen acak terhadap penumpang kapal dari Kepulauan Madura yang baru mendarat di Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Pasien laki-laki itu pilih kabur dan kembali ke rumahnya di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, karena tak kerasan menjalani isolasi.

Aparat dan Satgas Penanganan Covid-19 desa setempat langsung bergerak cepat, untuk menjemput kembali pasien tersebut.

“Kami tak mau ambil risiko. Karena hasil tes antigen yang bersangkutan memang reaktif (positif swab antigen),” jelas Tim Satgas Covid-19 Situbondo Syaifullah, dikutip dari detik.com, Rabu (16/6/2021).

Ia menyatakan, langkah persuasif diambil untuk membujuk pasien tersebut agar bersedia Kembali menjalani isolasi. Walaupun menurut dia, sempat ngotot menolak diisolasi lagi.

“(Ini) upaya meminimalisir munculnya klaster baru. Karena dia kan baru pulang dari Madura,” terang Syaifullah yang juga Sekretaris Daerah Situbondo.

Dari hasil pemeriksaan swab antigen terhadap penumpang kapal dari Kepulauan Madura yang baru mendarat di Pelabuhan Jangkar, ditemukan beberapa prang positif. Mereka kemudian dikarantina di Puskesmas Arjasa.

Namun dengan berbagai alasan, pasien asal Banyuputih yang dikarantina tersebut kabur dengan memanfaatkan kelengahan petugas. Ia pulang ke rumahnya dengan naik kendaraan umum.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: detik.com

Comments
Loading...