Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mal di Kudus Ini Pilih Tutup Empat Hari Dukung Gerakan di Rumah Saja

Mal Ramayana Kudus yang tidak beroperasi hingga Kamis (17/6/2021) untuk mendukung gerakan di rumah saja. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengeluarkan kebijakan gerakan di rumah saja dalam sepekan lamanya, hingga Minggu, (20/6/2021) mendatang. Salah satu pusat perbelanjaan atau mal di Kudus yakni Ramayana, memilih tidak beroperasi selama empat hari untuk mendukung gerakan itu.

Penutupan di Ramayana sendiri, mulai Senin (14/6/2021) kemarin hingga Kamis (17/6/2021).

Store Manager Mall Ramayana Kudus Moch Aly Mas’ad mengatakan, penutupan tersebut ditunjukkan untuk mendukung program pemerintah untuk di rumah saja.

Apalagi, saat pemberlakuan di rumah saja tahap pertama masih ada peningkatan kasus yang terjadi di Kudus.

“Mau tidak mau kami coba membantu pemerintah untuk mendukung program di rumah saja. Sehingga angka kasus Covid-19 di Kudus bisa ditekan dan mata rantainya bisa terputus,” katanya, Selasa (15/6/2021).

Selain itu, pihaknya juga memberi kesempatan untuk karyawan-karyawanya agar bisa beristirahat dengan cukup, sehingga imunitas tubuh bisa tetap terjaga. Termasuk, memberi kesempatan kepada karyawan yang memiliki anggota keluarga yang sedang sakit, agar bisa membantu merawat untuk segera pulih.

“Karyawan saat libur juga kami minta agar tidak pergi ke mana-mana, tetap di rumah saja sesuai imbauan pemerintah,” ucapnya.

Sementara Mall Ramayana akan kembali beroperasi pada Jumat (18/6/2021). Meski demikian, jam operasionalnya pun dikurangi hanya buka sampai pukul 17.00 WIB.

“Selama buka saat masih ada imbauan di rumah saja, jam operasional kami kurangi. Karyawan bergantian masuknya, satu hari masuk satu hari di rumah. Itu mereka biasanya yang ada pembagian dua sif sehari, kini hanya kami buat satu sif bergantian,” jelasnya.

Terpisah, Store Manager ADA Swalayan Kudus Setyowati mengakui selama ada imbauan di rumah saja, ADA Swalayan Kudus tetap buka seperti biasa hingga pukul 21.00 WIB. Hanya saja, protokol kesehatan diberlakukan secara ketat dan satgas Covid-19 juga siap sebanyak 20 lebih personel.

“Tentunya mereka (Satgas) ada yang berkeliling memonitor protokol kesehatan bisa disiplin dan berjalan seperti seharusnya,” ucapnya.

Meski masih beroperasi, pihaknya mengaku jumlah pengunjung menurun drastis berbeda dari hari-hari sebelumnya. Sehingga protokol kesehatan dipastikan bisa berjalan dengan ketat.

“Penurunan pengunjung sangat banyak sampai 50 persen lebih, sehingga suasana di toko terlihat lebih lengang. Tentunya kami juga mendukung dan sangat menghargai anjuran pemerintah untuk di rumah saja demi memutus penularan Covid-19,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...