Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

84 Desa di Kudus Berstatus Zona Merah Penyebaran Covid-19

Petugas memasang portal pembatasan akses masuk di salah satu jalan Desa Tumpangkrasak, Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Desa dengan status zona merah penularan Covid-19 di Kabupaten Kudus kini bertambah menjadi 84 desa. Jumlah tersebut mengalami penambahan setelah pada pekan sebelumnya hanya berjumlah 60 desa dan dua pekan lalu berjumlah 42 desa.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, 80 desa tersebut tersebar di sembilan kecamtan. Dengan yang paling banyak berada di Kecamatan Kota yakni 16 desa.

Yakni tersebar di Desa Wergu Kulon, Mlati Kidul, Demaan, Purwosari, Sunggingan, Panjunan, Burikan, Kramat, Singocandi, Glantengan, Nganguk, Kaliputu, Mlati Lor, Mlati Norowito, Demangan, dan Barongan.

Kemudian disusul Kecamatan Jati yakni sebanyak sepuluh desa yang berada di Pasuruhan Lor, Jati Kulon, Tumpangkrasak, Getaspejaten, Megawon, Loram Wetan, Pasuruhan Kidul, Jepang Pakis, Tanjungkarang, dan Ploso.

Selanjutnya dari Kecamatan Bae sembilan desa. Yang tersebar di Desa Bae, Bacin, Gondangmanis, Peganjaran, Ngembalrejo, Karangbener, Panjang, Dersalam, Dan Purworejo.

Kemudian Kecamatan Undaan, yakni Desa Ngemplak, Glagahwaru, Wates, Larikrejo, Undaan Kidul, Undaan Lor, Karangrowo, Undaan Tengah, Dan Sambung.

Selanjutnya Kecamatan Gebog berada di Desa Karangmalang, Gondosari, Jurang, Gribig, Klumpit, Padurenan, Rahtawu, Besito, Dan Getasrabi.

Untuk Kecamatan Jekulo, berada di Desa Pladen, Klaling, Honggosoco, Terban, Jekulo, Bulung Kulon, Bulung Cangkring, Dan Tanjung Rejo. Kemudian Kecamatan Kaliwungu berada di Desa Prambatan Kidul, Sidorekso, Banget, Prambatan Lor, Garung Kidul, Bakalan Krapyak, Setrokalanga, Kaliwungu.

Sementara untuk Kecamatan Dawe, berada di Desa Dukuhwaringin, Colo, Kandangmas, Piji, Cendono, Samirejo, dan Puyoh. Terakhir, Kecamatan Mejobo berada di Desa Mejobo Gulang, Jojo, Payaman, Golantepus, Kesambi, dan Tenggeles.

Bupati Kudus HM Hartopo memberikan penekanan pada desa-desa dengan status zona merah untuk terus mengetatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di tingkat RT.

Masing-masing RT, lanjut dia, tidak boleh saling keluar masuk. Anggota keluarga mauapun tetangga dari antarRT juga diharapkan tidak saling berkunjung terlebih dahulu.

“Kalau di situ ada semi lockdown, kalau ada banyak akses masuk, hanya boleh dibuka satu akses masuk saja, dari RT satu ke RT yang lain tidak boleh masuk, itu harus betul-betul steril dari orang asing,” kata Hartopo, Selasa (15/6/2021).

Masing-masing desa, kini juga tengah diminta untuk mempersiapkan lokasi isolasi mandiri terpusat.

Lokasi tersebut akan digunakan bagi warga yang terpapar virus Covid-19 dan direkomendasikan untuk menjalani isolasi mandiri.

Sementara apabila desa sudah tidak bisa menampung pasien isolasi mandiri karena keterbatasan daya tampung, maka pasien bisa dialihkan ke pusat isolasi mandiri yang disediakan pemkab.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...