Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Haryanto Sebut Covid-19 Varian India di Pati Baru Indikasi

Haryanto, Bupati Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Banyaknya isu yang beredar bahwa virus corona varian India yang masuk di Pati, membuat kehebohan sendiri di masyarakat.. Bupati Pati Haryanto pun buka suara dan memberikan klarifikasi terkait hal itu.

Menurutnya, kabar tersebut belum dipastikan kebenarannya. Saat ini menurutnya, penyebaran Covid-19 varian delta itu baru indikasi.

Sebab, untuk pengambilan sampel spesimen dari warga Pati sendiri belum dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sementara yang baru diteliti sempelnya adalah warga yang terpapar di Kudus.

Namun, karena banyak warga Kudus yang dirawat di sejumlah Rumah Sakit di Pati, hal itu menurutnya juga berdampak.

“Memang ada indikasi varian delta ini menyebar di Kabupaten Pati, Demak, Grobogan, Jepara dan sekitarnya. Namun itu baru indikasi, sampelnya dari Kudus itu,” kata Haryanto, Senin (14/6/2021).

Baca: Varian Covid-19 India Terdeteksi di Kudus, 28 Sampel Positif

Dia juga mengaku, sejauh ini untuk pengambilan spesimen pasien Covid-19 di Bumi Mina Tani, memang belum ada. Sehingga penelitian lebih lanjut terkait virus corona varian baru di Pati, masih belum diketahui secara pasti.

“Untuk Kabupaten Pati belum diambil sampelnya, baru indikasi. Itu tadi, baru Kudus, dari 34 sampel sebanyak 28 terkonfirmasi,” pungkasnya.

Baca: Tak Hanya di Kudus, Varian Baru Covid-19 Juga Ditemukan di Jepara, Pati, Rembang, dan Grobogan

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa varian corona India B16172 terdeteksi di Kabupaten Kudus. Bahkan ia menilai, ledakan kasus Covid-19 di Kudus dimungkinkan menyebar di daerah tetangga, termasuk Pati.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...