Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berbeda dengan Pernyataan Menkes, Bupati Sebut Belum Ada Varian Baru Covid-19 di Jepara

Bupati Jepara Dian Kristiandi memberi keterangan kepada awak media. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Sadikin menyebut, varian baru Covid-19 tak hanya ditemukan di Kudus, tetapi juga di daerah sekitarnya seperti Jepara, Pati, Rembang dan Grobogan. Namun Bupati Jepara Dian Kristiandi menepis hal ini.

Dengan didampingi Juru Bicara Satgas Covid-19 Jepara Muh Ali, Andi menegaskan bahwa sampai hari ini belum ada varian baru Covid-19 yang ditemukan di Bumi Kartini. Ia mengatakan bahwa yang ada dalam persebaran di masyarakat adalah varian lama.

“Sampai hari ini belum ada (varian baru Covid-19-red). Semoga saja tidak ada. Hasil tesnya dari kemarin tidak ada. Semoga sampai ke depan tidak ada,” kata Andi, Senin (14/6/2021).

Dari penelusuran MURIANEWS, dalam beberapa hari terakhir banyak warga Jepara yang mengeluhkan merasakan kondisi kesehatannya terganggu. Banyak yang meraskaan kondisi tubuhnya tidak stabil. Rata-rata meraskan meriyang.

Bupati Andi tidak menampik realita itu. Bahkan, pagi tadi, dirinya mendapatkan laporan melalui pesan singkat bahwa di Desa Wonorejo Kecamatan Jepara, ada warga yang mengalami gangguan kesehatan.

“Ada beberapa berkirim WhatsApp. Tadi pagi di Wonorejo. Saya langsung perintahkan Dinas Kesehatan untuk mengecek ke lokasi. Langsung di-swab. Ada juga beberapa di Kecamatan Mayong,” terang Andi.

Setelah mengetahui hasil tes swab itu, Dinas Kesehatan langsung memberi perawatan khusus. Serta mengoptimalkan satgas yang ada di desa tersebut untuk memastikan orang yang terkonfirmasi positif mendapatkan perawatan yang layak.

Baca: Tak Hanya di Kudus, Varian Baru Covid-19 Juga Ditemukan di Jepara, Pati, Rembang, dan Grobogan

Andi menambahkan, jika memang ada yang terkonfirmasi positif, pihaknya tidak hanya akan memberikan logistik pangan. Melainkan memberikan logistik lain berupa vitamin dan suplemen untuk meningkatkan imunitas.

Sebelumnya diberitakan, Menkes Budi Sadikin mengungkap, varian corona baru tak hanya ditemukan di Kudus, namun juga sejumlah daerah lain di sekitarnya. Hanya saja, Budi tak merinci apakah varian baru di daerah tersebut sama dengan varian India yang ditemukan di Kudus atau tidak.

“Selain Kudus, daerah lain seperti Jepara, Rembang, Grobogan, Pati, itu ada kenaikan. Dan memang sudah terkonfirmasi itu adalah varian baru,” tambahnya dalam seminar online bertajuk Perlindungan Hukum dalam Pelayanan Kedokteran yang Berkualitas yang digelar IDI Jateng pada Minggu (13/6/2021).

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...