Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jude Bellingham Pecahkan Rekor Pemain Termuda Bemain di Putaran Final Euro

Jude Bellingham tampil melawan Kroasia.(mirror.co.uk)

MURIANEWS, London- Kemenangan tim Inggris atas Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (12/6/2021) malam, ternyata juga menjadi special bagi Jude Bellingham. Pemain muda Inggris ini dimainkan oleh pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate, dan memulai debutnya bersama Timnas Inggris.

Jude Bellinngham yang masuk sebagai pemain pengganti, tidak hanya menjalani debut bersama Inggris. Namun lebih dari itu, Jude Bellingham juga langsung memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang bermain di putaran Final Euro.

Saat Southgate menarik Harry Kane dan memasukan Jude Bellingham, maka pemain ini telah memecahkan rekor Jetro Willems, bek asal Belanda yang bermain di Euro 2012. Saat itu Willems berusia 18 tahun 71 hari.

Sedangkan Jude Bellingham sendiri saat diturunkan menggantikan Kane, berusia 17 tahun 345 hari. Dengan kata lain, usianya belum mencapai 18 tahun. Dengan demikian pemain ini menjadi pemain termuda yang tampil di putaran final Euro dalam sejarah.

Bellingham memang masih sangat muda sehingga dia belum lahir ketika striker veteran Makedonia Utara Goran Pandev, mencetak dua gol internasionalnya. Goran Pandev sendiri, pada saat menghadapi Austria kembali mencetak gol, meski tak menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Pemecahan rekor sebagai pemain termuda yang bermain di putaran final Euro ini langsung dikomentari oleh Erling Haaland, bintang Norwegia yang menjadi rekan Bellingham di Borussia Dortmund. Haaland langsung mengucapkan selamat kepadanya melalui akun twitternya.

Haaland sendiri saat ini disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Penampilannya bersama Dortmund telah membuat dirinya menjadi seorang striker berbahaya. Bersama Dortmund, Haaland sudah mencetak 57 gol hanya dalam 59 penampilan untuk Dortmund.

Namun pemain yang bergabung hanya tujuh bulan sebelum kedatangan Bellingham di Dortmund ini tidak bisa tampil di Euro 2020, setelah negaranya tersingkir di kualifikasi. Meski mampu mencetak mencetak 20 gol dalam 16 penampilan Liga Champions sejak awal musim 2019/20, Haaland hanya menjadi penonton di Euro 2020.

Bellingham sendiri telah berkembang menjadi pemain kunci untuk Dortmund selama musim lalu. Pemain ini sebelumnya merupakan pemain asli klub Birmingham City, Liga Inggris. Penampilannya menarik perhatian klub-klub besar, hingga akhirnya pindah ke Dortmund.

Remaja itu telah menjadi andalan di starting line-up Dortmund, dan sudah membuat 46 penampilan selama musim 2020/21. Selain itu dirinya juga sudah mencetak empat gol, termasuk saat timnya tersingkir di perempat final Liga Champions melawan Manchester City.

Bellingham dengan mulus menerjemahkan performa klubnya yang luar biasa ke panggung internasional. Selanjutnya pada Minggu (13/6/2021) sore, pemain ini menandai penampilannya yang ke-5 bersama Tim Nasional Inggris.
Gelandang ini tampaknya akan memiliki masa depan yang panjang dan sukses dalam karirnya. Tidak menutup kemungkinan pada pertandingan lanjutan Euro 2020, Jude Bellingham akan dipercaya oleh Gareth Southgate.

Tim Inggris masih akan menyisakan dua pertandingan di Grup D, masing-masing melawan Skotlandia dan Republik Ceko. Bisa saja pemain belia ini akan mendapatkan menit bermain yang lebih lama.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: mirror.co.uk

Comments
Loading...