Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Klinik Pratama Sukun Grup Layani Vaksinasi Covid-19 untuk 6.000 Warga Kudus

Proses skrining vaksinasi di Klinik Pratama Sukun Grup dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, Minggu (13/6/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Klinik Pratama Sukun Grup (KPSG) di Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, melayani vaksinasi Covid-19 untuk 6.000 warga Kabupaten Kudus.

Vaksin Covid-19 dengan jenis Sinovac tersebut, didroping pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu. Proses vaksinasi pun kini tengah berjalan.

“Kami dapat jatah vaksin untuk 6.000 warga Kudus. Pelaksanaannya sudah sejak Senin (7/6/2021) pekan ini hingga Rabu (16/6/2021) pekan depan,” kata Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto, Minggu (13/6/2021).

Sasarannya, lanjut Deka, adalah kelompok lansia dan kelompok usia produktif di atas 18 tahun. Dengan syarat, cukup membawa idenditas diri kartu tanda penduduk (KTP) beralamat Kudus.

“Silahkan datang saja ke sini (KPSG) dengan membawa KTP Kudus dan tentunya sudah berusia 18 tahun,” ujarnya.

Karena tengah dalam masa pandemi Covid-19, penerapan protokol kesehatan pun sangat diperhatikan dalam jalannya proses vaksinasi. Seperti pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk dan pengecekan penggunaan masker secara berkala ketika peserta vaksin mengantre.

“Per harinya kami buka kuota sebanyak 500 orang. Kami atur sedemikian rupa supaya tidak terjadi penumpukan dan kerumunan. Kami sediakan banyak tempat duduk berjarak sesuai alur vaksinasi, mulai dari registrasi, skrining dan pantauan usai vaksinasi,” kata Deka.

Untuk tenaga kesehatan sendiri, tiap harinya disiapkan sekitar 13 orang tenaga vaksinasi. Kemudian ada sekitar delapan relawan yang diperbantukan untuk proses registrasi dan teknis lainnya.

“Kami optimalkan semua SDM yang ada di klinik untuk vaksinasi ini, sehingga prosesnya tidak terlalu lama dan tidak menimbulkan kerumunan,” ujarnya.

Deka berharap, proses vaksinasi yang dilakukan oleh KPSG ini bisa turut membantu pemerintah untuk mencapai target vaksinasi nasional mapun daerah.

Proses vaksinasi, lanjut Deka, juga menjadi upaya Sukun Grup untuk melindungi para karyawan dan masyarakat sekitar pabrik dari Covid-19 yang kini tengah melanda Kabupaten Kudus.

“Masyarakat silahkan datang saja ke sini, mari berupaya bersama untuk memutus mata rantai Covid-19, salah satunya dengan proses vaksinasi ini,” jelas Deka.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...