Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Grobogan Terapkan Sehari di Rumah Saja Minggu Besok, Pasar dan Fasilitas Umum Lain Ditutup

Imbauan gerakan Satu Hari di Rumah Saja. Foto: Instagram @sumarnigrobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan memberlakukan gerakan sehari di rumah saja pada Minggu (13/6/2021) besok. Hal tersebut sebagai upaya dalam membendung atau memutus rantai penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Grobogan Moh Sumarsono mengatakan, gerakan itu sebagai tindak lanjut dari SE Bupati Nomor 360/1280/2021 yang berlaku pada 8-14 Juni 2021.

Di mana SE tersebut mengatur pembatasan kegiatan masyarakat. Mulai dari kegiatan wisata, hiburan, dan kegiatan sosial keagamaan masyarakat.

“Gerakan ini sudah kami sosialisasikan pada masyarakat melalui berbagai sumber, dari radio hingga media sosial. Kami minta masyarakat mendukung dan  selalu mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan,” kata pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Grobogan itu pada wartawan, Sabtu (12/6/2021).

Dalam pelaksanaanya besok, lanjut Sumarsono, semua kegiatan di fasilitas umum ataupun perekonomian ditutup. Baik pasar, pertokoan, warung makan, serta sejumlah tempat lain yang bisa berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Gerakan Grobogan sehari di Rumah Saja untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Semua fasilitas umum kami tutup, kecuali fasilitas kesehatan akan tetap buka. Jadi kami ajak masyarakat untuk tetap di Rumah Saja besok,”  jelasnya.

Agar penerapanya bisa maksimal, tim gabungan Satgas Covid-19,TNI-Polri, atau Satpol-PP akan melakukan pengawasan dan patroli. Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, juga akan dioptimalkan penerapanya.

“Petugas gabungan dan Satgas Covid-19  akan melakukan pengawasan dan patroli.  Dan juga akan melakukan sidak ke Posko PPKM Mikro tingkat kecamatan, desa, ataupun kelurahan,” ujarnya.

Selain itu, saat gerakan tersebut berjalan, seluruh fasilitas umum di Kabupaten Grobogan juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di berbagai wilayah.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...